kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45930,39   2,75   0.30%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Piala Dunia melecut pendapatan pebisnis travel


Selasa, 22 Mei 2018 / 20:33 WIB
Piala Dunia melecut pendapatan pebisnis travel
ILUSTRASI. Panorama Tours di Garuda Indonesia Travel Fair GATF


Reporter: Andy Dwijayanto | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Gelaran Piala Dunia 2018 di Rusia juga berimbas terhadap bisnis travel Tanah Air. Pasalnya, pesanan tiket dan akomodasi untuk menikmati gelaran sepakbola terbesar di dunia itu mengerek pendapatan pelaku industri tersebut.

Asnawi Bahar, Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (Asita) gelaran Piala Dunia 2018 di Rusia sedikit banyak akan mempengaruhi kunjungan wisatawan domestik ke luar negeri. Apalagi momentum tersebut juga banyak digunakan oleh anggota Asita untuk menawarkan paket multidestinasi ke Eropa.

“Secara keseluruhan dari angka yang ada itu memang jumlah yang ke luar negeri itu susah (diprediksi), karena jumlah berwisata dan kunjungan dari imigrasi belum dapat data rinci. Tetapi untuk angka berpergiannya saya kira naik tidak lebih dari 5%,” ujar Asnawi kepada Kontan.co.id, Selasa (22/5).

Karsono Probosetio, Sekretaris Perusaaan PT Panorama Sentrawisata Tbk (PANR) bilang, gelaran Piala Dunia saat ini memang tidak terlalu signifikan terhadap bisnisnya. Apalagi PANR berfokus pada paket-paket penawaran leissure sesuai dengan keinginan konsumen termasuk bila memasukkan event piala dunia.

“Untuk permintaan tiket, kami masih belum bisa memastikan dikarenakan saat ini sepengetahuan saya belum ada direct flight ke Rusia. Untuk paket-paket yang kami tawarkan adalah paket-paket wisata leissure yang dapat disesuaikan dengan keinginan konsumen,” tambah Karsono.

Karsono tidak memiliki target khusus terkait dengan piala dunia, sebab kekuatan perusahaan adalah pilihan paket-paket wisata leissure ketimbang sport. Yang jelas, perusahaan juga bisa memberikan alternatif terkait dengan pemesanan tiket untuk Piala Dunia.

“Untuk saat ini kami masih membuka seluruh alternatif perjalanan tergantung kepada kebutuhan pelanggan, tetapi dengan peningkayan nilai tukar dollar Amerika Serikat saat ini juga akan menjadi pertimbangan tersendiri bagi pelanggan,” lanjutnya.

Busyra Oryza, Public Relations Manager Traveloka mengatakan terkait ajang Piala Dunia itu sudah terjadi kenaikan permintaan tiket pesawat ke Rusia. Apalagi Traveloka juga bekerjasama dengan Futbal Momentum Asia sebagai Official Media dan Broadcast Sponsor of FIFA World Cup 2018.

“Kami melihat ada kenaikan yang cukup tinggi hingga 100%, overall kami melihat untuk tiket perjalanan. Kenaikan (terjadi) sejak Bulan Maret,” tambah Busyra.

Dirinya berharap dengan masih kurang lebih satu bulan perhelatan dimulai jumlah pemesanan tiket perjalanan untuk Piala Dunia 2018 juga akan meningkat. Hanya saja dirinya tidak secara spesifik membeberkan berapa target yang dibidik perusahaan dari gelaran tersebut. “Kami berharap bisa terus bertumbuh,” kata Busyra.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet

[X]
×