kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Program ketahanan pangan keberlanjutan Rekind di era pandemi Covid-19


Jumat, 31 Juli 2020 / 15:27 WIB
Program ketahanan pangan keberlanjutan Rekind di era pandemi Covid-19
ILUSTRASI. PT Rekaya Industri aktif menanam berbagai jenis sayuran melalui media hydroponik dan memelihara beberapa jenis bibit ikan air tawar di gang-gang sempit.


Reporter: Noverius Laoli | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Dalam upaya mewujudkan ketahanan pangan dan membuka lapangan kerja, PT. Rekayasa Industri (Rekind) mengedepankan program keberlanjutan di wilayah RW 01, Kelurahan Pengadengan, Pancoran, Jakarta Selatan.

Program ini selaras dengan program pemerintah dalam mengatasi dampak akibat Pandemi Covid -19. Saat ini pemerintah dan  masyarakat aktif melakukan penghematan dan menanam berbagai jenis bahan pangan lokal, seperti sayur mayur serta memelihara bibit berbagai jenis ikan tawar.  

Direktur Utama Rekind, Yanuar Budinorman, mengatakan,  jauh sebelum muncul Pandemi, Rekind sudah aktif dalam kegiatan menanam berbagai jenis sayuran melalui media hydroponik dan memelihara beberapa jenis bibit ikan air tawar di gang-gang sempit.

Baca Juga: Rekind peroleh dua penghargaan di ajang Top CSR Award 2020

Semangat dan antusiasme petani lokal begitu besar, sekalipun lahan yang mereka punya tidak ideal, hanya mengandalkan area-area di atas saluran pembuangan air warga.

Sayangnya, belum banyak pihak yang membuka tangan untuk menangkap peluang akan keberlanjutan kegiatan kemandirian tersebut.

“Untuk itu Rekind hadir dalam kegiatan ini sebagai penyelaras semangat yang ditunjukkan masyarakat untuk bisa hidup lebih mandiri dan bermanfaat, terutama dalam situasi merebaknya Covid-19 yang berdampak kurang baik bagi perekonomian, tidak hanya bangsa tapi juga dunia,” ujar Yanuar seperti dikutip dari siaran pers, Jumat (31/7).

Simbol akan komitmen yang ditunjukkan Anak Perusahaan Rekding yakni PT Pupuk Indonesia (PI) tersebut ditandai dengan Kegiatan ‘Panen Bersama’ yang dihadiri Direktur SDM & Pengembangan Usaha Rekind, Triyani Utaminingsih dengan sejumlah tokoh masyarakat dan pemerintah daerah setempat.   

“Sebagai wujud pembinaan kepada masyarakat, Rekind hadir tidak hanya menangkap peluang, tapi juga membuka hubungan kemitraan antara masyarakat Pengadegan dengan mitra binaan Rekind lainnya.Hasil bercocok tanam dan panen ikan air tawar masyarakat ini dikemas dan dikelola untuk dijual-belikan dengan mitra binaan terkait. Sehingga ada harapan, untuk menjalankan roda perekonomian masyarakat,” ujar Triyani Utamingsih.

Baca Juga: Rekind peroleh tiga penghargaan di ajang BUMN Award 2020

Rekind merupakan perusahaan EPCC yang memiliki  keahlian berbasis teknologi. Semangatnya selalu berkobar untuk bisa mengembangkan industri energi nasional yang ramah lingkungan dan berkelanjutan.

Program CSR yang dikembangkan Pupuk Indonesia itu selalu menyesuaikan konsep teknologi EPCC. Artinya, program CSR diusung berbasis pengembangan teknologi yang juga disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat  selaku stakeholder Rekind.

Tanggung jawab sosial Rekind dilakukan sejalan dengan program pengembangan sosial dan kemasyarakatan, yang tujuannya meningkatkan kesejahteraan  serta kualitas hidup  masyarakat yang dilaksanakan melalui program  kemitraan dan bina lingkungan.

“Semoga Kehadiran Rekind di sini mampu mambawa energi tersendiri bagi masyarakat, terutama  semangat dalam dalam menghadapi situasi yang tidak mudah seperti sekarang ini. Semoga langkah ini akan terus berlanjut dalam menopang kehidupan masyarakat. Rekind akan selalu hadir untuk negeri demi kemajuan bangsa,” tambah Yanuar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×