kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Proyek pembangkit sampah masih banyak hambatan


Rabu, 09 Januari 2019 / 17:34 WIB
Proyek pembangkit sampah masih banyak hambatan


Reporter: Erviana Bastian | Editor: Azis Husaini

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Asosiasi Produsen Listrik Swasta Indonesia (APLSI) menilai rencana pengembangan Pembangkit Listrik Tenaga Sampah atau PLTSa nampaknya menimbulkan banyak masalah diberbagi aspek.

Rizal Calvary, Juru Bicara APLSI mengatakan bahwa rencana pengembangan PLTSa sempat tersandung isu lingkungan. Di mana penyebab adalah terkait keterbatasan lahan, lalu lintas udara, memerlukan banyaknya pasokan air, dan persoalan toxit. "Iya ada masalah keterbatasan lahan, lalulintas udara, butuh banyak air, dan soal toxit," katanya kepada Kontan.co.id pada, Rabu (9/1).

Sehingga, Rizal menyebutkan akan melakukan pengembangan teknologi panel surya yang akan terus berkembang. Maka isu tersebut ke depan n nya akan di atasi secara bertahap. "Tapi pengembangan teknologi panel surya terus berkembang. Sehingga isu ini ke depan akan pelan2 diatasi," sebutnya.

Namun, jika dilihat lagi Rizal menjelaskan potensi investasi PLTS nyatanya sangat besar. Akan tetapi memiliki sejumlah kendala - kendala yaitu seperti, Harga beli EBT yang belum menarik.

Selain itu, pembebasan lahan atau PLTS butuh lahan luas, cost of fund di dalam negeri masih tinggi, Aturan - aturan dilembaga terkait misalnya di kementerian LHK, dan Pemerintah daerah yang masih kurang responsif dan akomodatif.

Oleh karena itu, Rizal menegaskan cara untuk mengatasi isu tersebut salah satu adalah dengan meminta bantuan kepada pemerintah. Agar melakukan sosialisasi kepada lembaga-lembaga keuangan agar bisa membiayai PLTS dengan mudah dan tepat terutama untuk BUMN. Karena pada dasarnya PLTS masuk dalam kategori yang ramah lingkungan dibandingkan dengan lain - lainnya.

"Penting pemerintah melakukan sosialisasi ke lembaga2 keuangan agar tak segan membiayai plts.utamanya bumn2. Bahwa plts justru lebih ramah lingkungan dari lainnya," tegasnya

Sebagai tambahan, APLSI menerangkan berapapun bantuan investasi biaya PLTSa akan diterima. Karena pada dasarnya biaya tersebut tidak dibatasi pada jumlah tertentu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×