kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45924,65   -6,71   -0.72%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

PT KAI tambah 41 perjalanan kereta jarak jauh, ini jadwalnya


Selasa, 01 September 2020 / 21:47 WIB
PT KAI tambah 41 perjalanan kereta jarak jauh, ini jadwalnya
ILUSTRASI. Kereta api melintas di dekat kawasan Gedebage, Bandung, Jawa Barat, Rabu (12/8/2020). Kementerian Perhubungan mencatat, dalam lima tahun terakhir pertumbuhan pergerakan perjalanan kereta api meningkat signifikan, dengan rincian pada 2015 grafik perjalanan


Reporter: Selvi Mayasari | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau PT KAI menambah jumlah perjalanan kereta jarak jauh hingga 41 KA pada September 2020. Dari 41 perjalanan tambahan tersebut, 20 di antaranya berangkat dari Stasiun Gambir, 19 dari Pasar Senen dan 2 lainnya dari Stasiun Jakarta Kota.

Kepala Hubungan Masyarakat PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa mengatakan KAI tetap konsisten menjalankan prosedur pencegahan Covid-19 dalam setiap operasional KA. Salah satunya dilakukan dengan pembatasan okupansi penumpang sebanyak 70% dari kondisi normal.

Baca Juga: Mulai September, KAI tambah jumlah perjalanan kereta api jadi 315 perjalanan per hari

Selain itu, calon penumpang juga harus memenuhi persyaratan lainnya sebelum melakukan perjalanan KA, seperti menunjukkan Surat Bebas Covid-19 (Tes PCR/Rapid Test) yang masih berlaku, dalam kondisi sehat, suhu badan tidak lebih dari 37,3 derajat celsius, menggunakan masker dan pelindung wajah (face shield), serta mengikuti ketentuan jaga jarak fisik selama di stasiun dan di dalam rangkaian KA.embersihkan tangan dengan air dan sabun atau cairan antiseptik.

Selai itu, penumpang juga diimbau untuk menggunakan pakaian lengan panjang atau jaket, selalu rutin membersihkan tangan dengan air dan sabun atau cairan antiseptik.

"Sebagai antisipasi, pada setiap kereta juga telah dilengkapi ruang isolasi sementara jika diperjalanan kedapatan penumpang dengan suhu tubuh lebih dari 37,3 derajat celsius. Selanjutnya penumpang dengan kondisi tersebut akan diturunkan di stasiun terdekat yang memiliki pos kesehatan untuk penanganan lanjutan," ujar Eva dalam siaran resmi, Selasa (01/9).

PT KAI Daop 1 juga memastikan upaya pencegahan penyebaran Covid 19 dilakukan dari sisi prasarana stasiun dan sarana kereta.

Baca Juga: Daftar 58 KA yang beroperasi September 2020

Seluruh area dan perangkat yang rentan disentuh banyak orang dibersihkan menggunakan cairan disinfektan secara rutin, kesiapan penyediaan perangkat pembersih tangan seperti cairan antiseptik dan perangkat cuci tangan yang dilengkapi sabun dipastikan selalu tersedia dan berfungsi baik.

Berikut jadwal keberangkatan KA dari area Daop 1 Jakarta pada September 2020:




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×