kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

PT MRT Jakarta gratiskan biaya sewa gerai UMKM


Selasa, 05 Mei 2020 / 06:05 WIB
PT MRT Jakarta gratiskan biaya sewa gerai UMKM
ILUSTRASI. Petugas berpatroli di dalam gerbong kereta di Stasiun MRT Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Senin (20/4/2020). Mulai Senin (20/4), PT MRT Jakarta menambah waktu tunggu keberangkatan menjadi 30 menit sekali dan menutup tiga stasiun yaitu Blok A, Haji Nawi dan


Reporter: Fahriyadi | Editor: Fahriyadi .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT MRT Jakarta (Perseroda) membebaskan biaya sewa bagi gerai Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang ada di stasiun. Hal ini merupakan bentuk dukungan terhadap pengusaha UMKM yang terkena imbas pandemik.

Pembebasan biaya sewa ini untuk tiga bulan, Maret hingga Mei 2020. Pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di wilayah DKI Jakarta membuat jumlah pengguna jasa MRT Jakarta mengalami penurunan sehingga mengurangi potensi konsumen di gerai-gerai tersebut.

Tenant (penyewa gerai) ada dua jenis, middle class dan kategori UMKM. UMKM ini kami beri relaksasi kebijakan karena kami paham betul yang punya dampak terhadap ekonomi tenant kecil, kami beri relaksasi tidak membayar biaya sewa retailnya selama tiga bulan,” jelas Direktur Utama PT MRT Jakarta (Perseroda) William Sabandar, Senin (4/5).

Sedangkan untuk ritel reguler atau besar, sampai saat ini perusahaan masih terus kelola dan menata komunikasi sehingga belum ada kebijakan khusus. William bilang pengusaha ritel regular ini juga mitra strategis dan semua saat ini mengalami kondisi sulit. “Kami akan pantau terus. Namun, pada prinsipnya, pada waktunya nanti kami juga akan pertimbangkan kemungkinan relaksasi biaya sewa gerai,” kata dia.

Saat ini terdapat 13 gerai UMKM yang tersebar di tiga stasiun MRT Jakarta, Stasiun Lebak Bulus Grab, Fatmawati, dan Dukuh Atas BNI. Mereka terbagi menjadi tiga kategori, yaitu makanan dan minuman (food and beverages) sebanyak enam UMKM, mode/fesyen sebanyak lima UMKM, dan kriya sebanyak dua UMKM.

Setiap bulan mereka membayar biaya sewa gerai sebesar Rp 1,3 juta. Selain membuka gerai memasarkan produknya, PT MRT Jakarta (Perseroda) memberikan pendampingan dan pelatihan dalam program inkubator bisnis yang diharapkan dapat membantu mengembangkan bisnisnya.

Selama pandemi menghantam, terdapat penurunan jumlah pengguna jasa harian MRT Jakarta hingga 95%. Sebelumnya sekitar 109.000 orang per hari menggunakan MRT Jakarta, sekarang rata-rata jumlah penumpang pada April 2020 lalu turun di 4.134 orang per hari. PT MRT Jakarta (Perseroda) meniadakan layanan di tujuh stasiun, yaitu Haji Nawi, Blok A, ASEAN, Senayan, Istora Mandiri, Bendungan Hilir, dan Setiabudi Astra.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×