kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sekarang Pakis-Malang hanya 10 menit, Tol Pandaan-Malang tersambung seluruhnya


Rabu, 08 April 2020 / 09:14 WIB
Sekarang Pakis-Malang hanya 10 menit, Tol Pandaan-Malang tersambung seluruhnya
ILUSTRASI. Jelajah Ekonomi Trans Jawa: Progres pembangunan jalan tol Trans Jawa di ruas Pandaan - Malang, Malang, Sabtu (23/2). Malang merupakan salah satu kota yang dikunjungi karena menyimpan berbagai potensi ekonomi terutama agrowisata. KONTAN/Baihaki/24/2/2019


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Jalan Tol Pandaan- Malang Seksi 5 (Pakis-Malang), mulai beroperasi, Selasa (7/4/2020) pukul 21.00 WIB.  Jadwal pengoperasian ini mengalami perubahan.

Sedianya, berdasarkan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 314/KPTS/M/2020, ruas ini dibuka pada Selasa (7/4/2020) pukul 06.00 WIB.

Direktur Utama PT Jasamarga Pandaan Malang (JPM) Agus Purnomo operasionalisasi ruas tol ini dilakukan tanpa tarif (Rp 0,-) sampai dengan waktu yang akan ditentukan oleh Pemerintah. Hal ini dilakukan sebagai bentuk sosialisasi, khususnya masyarakat di sekitar Surabaya dan Malang.

Baca Juga: 10 proyek jalan tol ini konstruksinya bakal selesai semester I 2020

Selama masa uji coba pengoperasian Seksi Pakis-Malang, bagi pengguna jalan tol yang masuk dari Gerbang Tol ( GT) Pandaan, Purwodadi, Lawang, atau Singosari menuju Malang, di gerbang tol keluar tetap wajib membayar tarif tol sampai dengan GT Pakis, sesuai golongan kendaraan dan asal gerbang.

Begitu juga sebaliknya untuk kendaraan dari GT Malang ke Singosari, Lawang, Purwodadi atau Pandaan lewat jalan tol, di gerbang tol keluar tetap wajib membayar tarif tol yang diperhitungkan dari GT Pakis, sesuai golongan kendaraan.

"Dengan demikian, tarif (Rp.0,-) hanya berlaku untuk perjalanan Pakis-Malang dan sebaliknya," kata Agus dalam keterangan tertulis.

Seksi Pakis-Malang merupakan Seksi terakhir dari Jalan Tol Pandaan-Malang yang dikelola oleh PT JPM dengan lima seksi sepanjang 38,48 kilometer. Seksi I Pandaan-Purwodadi sepanjang 15,47 kilometer, Seksi II Purwodadi-Lawang sepanjang 8,05 kilometer dan Seksi III Lawang-Singosari sepanjang 7,10 kilometer.

Baca Juga: BPJT targetkan dua ruas tol ini bisa beroperasi penuh pada Lebaran 2020

Selanjutnya Seksi IV Singosari-Pakis sepanjang 4,75 kilometer dan Seksi V Pakis-Malang sepanjang 3,11 kilometer. Sebelumnya, pada 13 Mei 2019 telah dioperasikan Seksi I sampai III dan dilanjutkan pengoperasian Seksi IV pada tanggal 1 November 2019.

Dengan dioperasikannya kelima Seksi, maka Jalan Tol Pandaan-Malang telah beroperasi penuh. Agus menambahkan, jika sebelumnya untuk menuju ke tengah kota Malang melalui GT Pakis kemudian keluar melalui jalan arteri Ki Ageng Gribig memakan waktu sekitar 30 menit, kini dengan tersambungnya Tol Pandaan-Malang dari GT Pakis keluar GT Malang membutuhkan waktu hanya 10 menit. (Hilda B Alexander)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tol Pandaan-Malang Tersambung Seluruhnya, Pakis-Malang hanya 10 Menit",

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×