kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45932,69   4,34   0.47%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Selesaikan pembebasan lahan, Pertamina lanjutkan pembersihan lahan kilang Tuban


Minggu, 21 Februari 2021 / 12:40 WIB
Selesaikan pembebasan lahan, Pertamina lanjutkan pembersihan lahan kilang Tuban
Lahan yang akan dipakai Pertamina untuk proyek kilang baru GRR Tuban.


Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pertamina menargetkan kilang baru atau Grass Root Refinery (GRR) Tuban bisa beroperasi pada tahun 2026. Pertamina sebelumnya telah menyelesaikan proses pembersihan lahan seluas 328 hektare dan pemulihan lahan abrasi seluas 20 hektare. 

Corporate Secretary Subholding Refinering & Petrochemical PT Kilang Pertamina Internasional Ifki Sukarya mengungkapkan, seiring dengan pembebasan lahan yang mencapai titik akhir, pada tahun ini Pertamina berencana untuk melanjutkan proses pembersihan lahan (land clearing) tahap tiga dan tahap empat.

“Proses pembersihan lahan tahap tiga akan dimulai pada bulan Maret dan nantinya akan menyasar pada 109 hektare lahan eks Perhutani serta 156 hektare lahan yang berasal dari warga yang telah dibebaskan sebelumnya,” terang Ifki kepada Kontan.co.id, Minggu (21/2). 

Pembersihan lahan tahap tiga ini rencananya akan melibatkan tenaga kerja yang berasal dari desa sekitar operasi perusahaan. Ifki bilang, akan ada sekitar 60 hingga 70 tenaga kerja yang berasal dari desa sekitar.

Baca Juga: Pembebasan lahan kilang baru Pertamina di Tuban capai 99%

"Nantinya sebelum bekerja akan kami berikan pembinaan di bidang keselamatan dan kesehatan kerja di Balai Latihan Kerja Tuban terlebih dahulu,” lanjut Ifki.

Pembersihan lahan tahap empat akan dilakukan setelah pekerjaan pembersihan lahan tahap tiga dengan target pekerjaan menyasar pada sisa lahan milik warga yang telah dibebaskan. 

Sekitar 221 hektare yang akan dibebaskan nantinya menyesuaikan dengan penyelesaian pekerjaan tahap tiga, supaya  aktivitas pekerjaan di proyek GRR Tuban ini berkesinambungan.

“Jumlah pekerjanya nanti akan disesuaikan dengan kebutuhan dan mudah-mudahan warga masyarakat dapat secara optimal berperan dalam pelaksanaan pekerjaan ini,” kata Ifki.

Disinggung mengenai proses pengadaan lahan relokasi kepada warga yang rumahnya terkena penetapan lokasi pembangunan kilang, Pertamina berupaya agar tahun ini proses penyediaan lahan relokasi dapat diselesaikan.

“Kami akan menyelesaikan proses penyediaan lahan relokasi sejumlah 20 hektare tersebut, namun kami perlu dukungan semua pihak agar proses penyediaan lahan dapat selesai tepat waktu tetapi tentunya sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku,” pungkas Ifki.

Selanjutnya: Ini skema pembebasan lahan kilang Pertamina di Tuban yang telah rampung

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×