kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Siap-siap, Indofarma (INAF) bakal impor rapid test berbasis artificial intelligence


Senin, 07 September 2020 / 19:48 WIB
Siap-siap, Indofarma (INAF) bakal impor rapid test berbasis artificial intelligence
ILUSTRASI. Pabrik PT Indofarma Tbk (INAF)


Reporter: Arfyana Citra Rahayu | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Emiten farmasi pelat merah, PT Indofarma Tbk (INAF) menandatangani nota kesepahaman dengan Group42 (G42), perusahaan artificial intelligence dan cloud computing berbasis di Abu Dhabi untuk mengimpor alat tes cepat virus corona.

Kabarnya, alat tes cepat virus corona ini lebih canggih karena berbasis teknologi artificial intelligence (AI). Sebagai informasi, penandatanganan nota kesepahaman tersebut sudah berlangsung di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab pada akhir Agustus 2020. 

Direktur Utama Indofarma Arief Pramuhanto menjelaskan, kerja sama ini untuk produk diagnostik yakni Covid-19 laser screening test. Yakni, semacam alat tes cepat (rapid test) untuk virus corona dengan menggunakan teknologi AI. 

"Jadi bedanya alat ini tidak menggunakan pendekatan reagen, tetapi pendekatan AI dengan laser. Alat ini sudah dikembangkan dan digunakan di Abu Dhabi," kata dia kepada Kontan.co.id, Senin (7/9). 

Baca Juga: Industri farmasi dalam negeri siapkan rantai dingin distribusi vaksin corona

Covid-19 laser screening test ini telah memperoleh Emergency Use Authorization di Uni Emirat Arab (UEA) dan telah digunakan untuk setiap warga yang ingin masuk ke Abu Dhabi. Di mana, setiap pendatang wajib memperlihatkan hasil screening laser test Covid-19 sebagai bagian dari upaya pemerintah UEA untuk melakukan mitigasi penyebaran Covid-19. 

Arief menambahkan, kerja sama ini meliputi riset dan pengembangan (R&D), manufaktur, penjualan, dan distribusi. Namun pada tahap awal perusahaan yang memiliki kode saham INAF ini akan fokus pada aktivitas distribusi. Seiring berjalannya waktu, kerja sama ini akan masuk ke tahap R&D dan manufaktur. 

Dia pun menjelaskan, bahwa laser screeening test berbasis AI ini berbentuk satu set komputer yang dilengkapi dengan software khusus. Perangkat lunak tersebut berisi data base ribuan data darah manusia yang positif dan negatif virus corona.  

Nantinya, orang yang dites akan diambil sample darahnya, lalu darah tersebut  diusap ke kaca preperat, kemudian discan menggunakan laser. Nantinya pendaran laser akan menunjukkan hasil tes, reaktif atau non-reaktif. 

"Tes menggunakan alat ini hanya membutuhkan waktu 1 menit saja," jelas Arief. 




Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet

[X]
×