kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Strategi produsen Korea di pasar hatchback


Senin, 11 September 2017 / 11:55 WIB
Strategi produsen Korea di pasar hatchback


Reporter: Eldo Christoffel Rafael | Editor: Rizki Caturini

KONTAN.CO.ID - Gerak-gerik penjualan mobil hatchback alias tanpa buntut terus menurun. Meski demikian, sejumlah Agen Pemegang Merk (APM) masih terus berupaya mengembangkan penjualan.

Menurut Mukiat Sutikno, Presiden Direktur PT Hyundai Motor Indonesia, segmen ini cenderung turun dan beralih ke pasar mobil Low Cost Green Car (LCGC), Sport Utility Vehicle (SUV),dan Multi Purpose Vehicle (MPV). "Peminatnya masih ada di keluarga baru dan juga mahasiswa baru yang tentunya jadi sasaran utama kami," kata Mukiat kepada KONTAN, Minggu (10/9).

Di segmen ini, produsen Korea Selatan ini punya segmen i20. Tahun ini ditargetkan penjualan sebanyak 200 unit. Sedangkan dari data Gaikindo per Juli 2017 penjualannya baru 86 unit. "Konsumen hatchback pun kalau kami perhatikan punya kecenderungan ingin memiliki mobil transmisi otomatis ketimbang manual karena mau praktis," tutur Mukiat.

Harry Yanto, Marketing and Business Development Manager PT Kia Mobil Indonesia (KMI) berpendapat, secara umum segmen ini mengalami penurunan karena sebagian konsumen pindah ke kendaraan yang terjangkau daya beli. Serta sebagian lagi naik kelas ke SUV. "Secara angka belum capai target tapi secara market share masih tetap oke," kata Harry kepada KONTAN, Minggu (10/9).

Saat ini model hatcback Rio masih jadi salah satu tulang punggung penjualan produsen Korea Selatan ini. Dari catatan penjualan pabrikan ke diler wholesales Gaikindo, Rio pernah mencapai penjualan yang signifikan pada 2014 sebesar 3.586 unit. Akan tetapi sejak 2015 penjualan anjlok menjadi 815 unit. Kemudian di 2016 kemarin menjadi 573 unit. Sampai Juli 2017 ini penjualan wholesales otomotif ini mencapai 275 unit.

Dari data wholesales Gaikindo, dalam lima tahun terakhir pasar hatchback terus menurun. Terakhir pada 2016 lalu pasar hatchback sebesar 38.546 unit atau turun ketimbang 2015 sebesar 43.987 unit. Sedangkan dalam periode penjualan Januari - Juli 2017 penjualan hatchback sebesar 18.856 unit. Turun dari periode sama tahun lalu sebanyak 23.666 unit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×