kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Strategi PT Timah (TINS) mengelola utang jatuh tempo


Kamis, 16 April 2020 / 20:05 WIB
Strategi PT Timah (TINS) mengelola utang jatuh tempo
ILUSTRASI. Pekerja menurunkan timah dari kapal yang di angkut dari Belitung, Kepulauan Riau di Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta, Selasa (11/1). PT Timah Tbk (TINS) memperkirakan produksi perseroan hingga akhir 2010 hanya bisa mencapai 39 ribu ton atau hampir sama den


Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. PT Timah Tbk (TINS) mencatatkan kinerja yang kurang cemerlang di tahun lalu. Emiten plat merah ini mencetak rugi bersih sebesar Rp 611,28 miliar sepanjang 2019.

Tak hanya itu, TINS juga disorot lantaran memiliki utang yang akan jatuh tempo tahun ini. Total jumlahnya cukup jumbo, yakni mencapai Rp 8,79 triliun. Namun, manajemen TINS mengklaim bahwa utang jatuh tempo tersebut masih terkendali.

Sekretaris Perusahaan PT Timah Abdullah Umar menyebut, utang dari perbankan itu digunakan sebagai biaya ekspansi dan operasional. Oleh sebab itu, pihaknya melakukan pengelolaan fasilitas utang dengan mempertimbangkan rencana kerja dan posisi cash flow agar tetap terjaga di level yang aman.

Baca Juga: Kinerja tertekan, MIND ID: posisi kas holding masih kuat lebih dari Rp 20 triliun

Abdullah bilang, posisi utang jangka pendek sebesar Rp 8,79 triliun di laporan 2019 itu kini sudah berkurang. Ia menerangkan, dalam periode kuartal I ini, TINS telah mengurangi beban utang lebih dari Rp 2 triliun.

"Kita sudah berhasil menurunkan utang bank saat ini menjadi sekitar Rp 6,5 triliun. Perusahaan tetap komitmen memenuhi semua tanggung jawab sehingga bank kreditur tetap memberikan kepercayaan," ungkap Abdullah kepada Kontan.co.id, Kamis (16/4).

Menurutnya, pengurangan tersebut dapat dilakukan karena TINS telah berupaya menjaga cashflow agar tetap positif dengan pengaturan produksi dan penjualan, efisiensi biaya operasional serta efisiensi di beberapa lini bisnis.

Sementara untuk sisa utang jangka pendek yang sekitar Rp 6,5 triliun tersebut, Abdullah menyebut bahwa pembayarannya akan mencermati kondisi cash flow yang TINS miliki.

Baca Juga: Bank Tabungan Negara (BBTN) gandeng 42 pengembang tawarkan KPR From Home bunga 6%

Namun, bukan tak mungkin tempo pembayarannya akan diperpanjang sesuai tenggat periodenya, bahkan bisa saja TINS akan kembali menarik fasilitas utang yang masih bisa terpakai.

"Targetnya kita kurangi utang supaya beban bunganya turun. Begitu cash flow kiat positif, kita lunasi. Kita butuh, kita bisa ambil lagi, yang penting adalah pengelolaannya," ujar Abdullah.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×