kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Telkomsel fokus dalam mempersiapkan seleksi pengguna pita frekuensi 2,3 Ghz


Senin, 19 April 2021 / 19:53 WIB
Telkomsel fokus dalam mempersiapkan seleksi pengguna pita frekuensi 2,3 Ghz
ILUSTRASI. Telkomsel. (Tribun Jateng/Hermawan Handaka)


Reporter: Amalia Nur Fitri | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Direktur Utama Telkomsel, Setyanto Hantoro menyatakan pihaknya fokus mempersiapkan diri untuk mengikuti tahapan berikutnya dalam rangkaian proses seleksi yang masih berjalan dalam seleksi pengguna pita frekuensi radio 2,3 GHz untuk keperluan penyelenggaraan jaringan bergerak seluler tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI.

"Kami optimis dapat menjalankan seluruh tahapan proses seleksi dengan baik, sesuai aturan yang berlaku, dan berharap dapat meraih hasil yang optimal bagi perusahaan dan seluruh pemangku kepentingan," ujarnya saat dihubungi Kontan, Senin (19/5).

Ia melanjutkan, keikutsertaan dalam proses seleksi pengguna pita frekuensi radio 2,3 GHz merupakan wujud nyata komitmen Telkomsel dalam memperkuat pengembangan layanan telekomunikasi berbasis digital.

Pihaknya meyakini, kegiatan tersebut membutuhkan gelaran konektifitas jaringan broadband berteknologi terdepan serta ketersediaan alokasi frekuensi yang mencukupi, seiring dengan semakin cepatnya adopsi layanan digital dalam keseharian masyarakat Indonesia.

Di sisi lain, pihaknya belum berkenan membuka besaran investasi dan ekspansi yang akan dilakukan dalam pengembangan frekuensi radio 2,3 GHz.

Baca Juga: Akhirnya Lelang Frekuensi 5G Digelar, Tiga Operator Ini Keluar Sebagai Pemenang

Sementara itu, dalam pengembangan 5G di Telkomsel, Vice President Corporate Communications Telkomsel, Denny Abidin menambahkan, pihaknya juga tengah mempersiapkan implementasi teknologi jaringan 5G yang akan membuka lebih banyak peluang bagi masyarakat, industri, dan negara.

Ia melanjutkan, dalam penggelaran jaringan, Telkomsel senantiasa mengedepankan kualitas dan keberlangsungan layanan yang diberikan kepada pelanggan melalui penerapan berbagai teknologi dalam jaringan bergerak seluler, sehingga apapun teknologi yang akan diimplementasikan, Telkomsel akan senantiasa berkomitmen untuk memberikan layanan yang prima kepada pelanggan.

Telkomsel sendiri akan menggunakan syarat standar IMT-2020 untuk standar teknologi 5G tersebut.

"Standar IMT-2020 yang dikeluarkan oleh ITU, sehingga Telkomsel akan menggunakan standard yang dikeluarkan oleh ITU tersebut, sebagai organisasi internasional yang didirikan untuk membakukan dan meregulasi radio internasional dan telekomunikasi," ujarnya.

Denny melanjutkan, sesuai dengan Izin Pita Frekuensi Radio yang dialokasikan dan ditetapkan, Telkomsel memiliki izin pada pita frekuensi 800/ 900 MHz, 1800 MHz, 2100 MHz, dan 2300 MHz.

"Salah satu tantangan utama implementasi teknologi 5G adalah ketersediaan spektrum frekuensi dengan lebar pita yang cukup, di mana saat ini pita frekuensi yang tersedia belum ideal untuk mencapai performansi maksimal dan masih digunakan untuk implementasi teknologi lain seperti 4G atau sektor lain. Sehingga Telkomsel akan senantiasa mendukung program pemerintah untuk terus menyediakan alokasi frekuensi yang memadai untuk implementasi teknologi 5G, baik frekuensi low band, mid band, maupun high band," tutupnya.

Selanjutnya: Telkomsel terus mempersiapkan implementasi jaringan 5G

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×