kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tiga desa di Kabupaten Seluma terima 249 unit LTSHE


Minggu, 06 Januari 2019 / 17:43 WIB
Tiga desa di Kabupaten Seluma terima 249 unit LTSHE
Program pemasangan LTSHE di Kabupaten Seluma, Bengkulu,


Reporter: Ika Puspitasari | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - BENGKULU. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melalui Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (Ditjen EBTKE) meresmikan program pemasangan lampu tenaga surya hemat energi (LTSHE) di Kabupaten Seluma, Bengkulu, Minggu (6/1).

Ada 249 unit LTSHE yang diberikan kepada masyarakat di Kabupaten Seluma. Dari total itu, sebanyak 147 unit diberikan pada masyarakat Desa Suban, 19 unit pada masyarakat di Desa Maras Jauh, Kecamatan Semidane, dan 83 unit LTSHE dibagikan kepada mayarakat Desa Sinar Pagi, Kecamatan Seluma Utara.

Peresmian ini dilakukan secara simbolis oleh Inspektur I Kementerian ESDM, M. Halim Sari Wardana kepada perwakilan masyarakat Desa Sinar Pagi pada Minggu (6/1).Peresmian ini digelar di Desa Puguk, Kecamatan Seluma Utara yang berlokasi sekitar 20 kilometer dari Desa Sinar Pagi. “Kami bersyukur tujuan kami tersampaikan, lampu ini nantinya bisa bertahan 3 tahun hingga 5 tahun,” ujar Inspektur I Kementerian ESDM, M. Halim Sari Wardana.

Dengan adanya program pemasangan LTSHE, Halim berharap lampu ini bermanfaat sebagai penerangan mayarakat untuk kegiatan mereka, salah satunya untuk penerangan belajar bagi anak-anak sebelum adanya akses listrik permanen dari PLN.

Sebagai informasi, LTSHE merupakan program dari Kementerian ESDM sebagai solusi penerangan dan energi listrik difokuskan bagi perdesaan yang terisolir dan sulit dijangkau jaringan PLN. Komponen terpenting dari LTSHE ini adalah panel surya yang merupakan komponen eletronika yang mengubah energi surya menjadi energi listrik.

Halim bilang, satu unit LTSHE ini mampu memiliki daya sekitar 30 watt, per unit LTSHE membutuhkan anggaran sekitar Rp 2,5 juta. Dari program ini, masyarakat dapat menikmati penerangan secara gratis. Status pekerjaan pemasangan di Kabupaten Seluma saat ini sudah rampung.

Sepanjang 2018, KESDM menyalurkan 2.111 unit LTSHE kepada masyarakat di 16 desa di Bengkulu yang tergabung dalam Paket Pemasangan LTSHE Sumatera sebanyak 7.956 unit.

Pada 2018, program LTSHE telah dilaksanakan di 16 Provinsi, dengan jumlah pemasangan LTSHE sebanyak 172.996 unit. Untuk program ini, membutuhkan anggaran sebesar Rp 565 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×