kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Timah (TINS) fokus efisiensi guna perbaiki kinerja tahun ini


Kamis, 11 Juni 2020 / 20:17 WIB
Timah (TINS) fokus efisiensi guna perbaiki kinerja tahun ini
ILUSTRASI. PT Timah merupakan pemasok balok timah terbesar diunia. Tampak Wali Kota Pangkalpinang Zulkarnain Karim sedang melihat balok timah batangan yang tersusun di gudang di Pusmet Bangka Barat. (Bangka Pos /Teddy Malaka)


Reporter: Dimas Andi | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Timah Tbk (TINS) masih berusaha memperbaiki kinerja keuangannya di tahun 2020 terlepas dari adanya sejumlah tantangan bisnis yang ada.

Sebagai informasi, kinerja TINS di tahun 2019 lalu memang cenderung lesu. Meski mencetak kenaikan pendapatan sebanyak 75,45% (yoy) menjadi Rp 19,3 triliun, emiten pelat merah ini harus mengalami kerugian bersih mencapai Rp 611,28 miliar.

Baca Juga: Simak ikhtiar Aneka Tambang (ANTM) mempertahankan kinerja di tengah pandemi corona

Beruntung, TINS masih bisa memproduksi logam timah mencapai 76.389 ton di tahun 2019 atau lebih tinggi dibandingkan realisasi di tahun 2018 sebanyak 33.444 ton. Begitu pula dengan volume penjualan timah TINS di tahun lalu yang mencapai 67.704 ton, padahal di tahun sebelumnya perusahaan ini hanya menjual timah sebesar 33.818 ton.

Direktur Utama TINS M. Riza Pahlevi Tabrani menyampaikan, untuk memperbaiki kinerja keuangan di tahun 2020, manajemen TINS melakukan sejumlah upaya berbasis efisiensi. Dalam hal ini, TINS berusaha terus menjaga kesehatan posisi keuangan sekaligus mengurangi beban bunga sebagai upaya mengoptimalkan arus kas perusahaan.

Misalnya, selama kuartal I-2020 lalu TINS telah secara bertahap melakukan deleveraging dengan mengurangi posisi utang berbunga di samping reprofiling utang bank baik dari jenis mata uang hingga jadwal pelunasan.

TINS juga berupaya mengejar efisiensi biaya di semua lini produksi untuk menekan beban produksi dan beban usaha perusahaan. “Beban bahan baku, misalnya, telah dicapai kesepakatan dengan pihak ketiga untuk kompensasi yang lebih ekonomis seiring juga telah dilakukan efisiensi di beberapa lini operasi dan produksi,” ungkap Riza dalam siaran pers yang diterima Kontan, Kamis (11/6).

Baca Juga: Aneka Tambang (ANTM) membuka opsi revisi target kinerja untuk tahun ini

Adapun untuk menjaga kesinambungan usaha dan antisipasi persaingan bisnis pertimahan di masa mendatang, TINS tetap melakukan ekspor logam timah ke luar negeri. Selain itu, TINS juga sedang menyiapkan smelter baru dengan teknologi ausmelt yang lebih efisien dari sisi biaya produksi dan proses pengolahannya.




TERBARU

[X]
×