kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tingkatkan budidaya unggas, Sierad Produce (SIPD) kembangkan smart poultry farming


Minggu, 08 Maret 2020 / 12:14 WIB
Tingkatkan budidaya unggas, Sierad Produce (SIPD) kembangkan smart poultry farming
ILUSTRASI. Ilustrasi rumah pemotongan Sierad Produce


Reporter: Arfyana Citra Rahayu | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Emiten pakan ternak PT Sierad Produce Tbk (SIPD) akan tingkatkan produktivitas budidaya unggas hingga 15% dengan mengembangkan smart poultry farming. Pemanfaatan teknologi mutakhir ini sebenarnya sudah berjalan efektif di Januari 2020. 

Sejatinya, smart poultry farming adalah konsep baru dalam budidaya unggas yang memanfaatkan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi digital untuk meningkatkan kualitas dan produktivitas. Teknologi ini memadukan sensor, IoT, automasi dan smart system

Direktur Utama Sierad Produce Tommy Wattimena menjelaskan, smart farming didukung oleh data dan machine learning. "Automasi peralatan di kandang akan bersifat presisi karena bekerja berdasarkan data dari sensor yang ditangkap secara real-time," kata dia kepada Kontan.co.id, Jumat (6/3).  

Lebih lanjut Tommy bilang, dioperasikannya alat-alat di kandang akan meningkatkan kenyamanan unggas sehingga produktivitas ayam akan menjadi lebih optimal. 

Baca Juga: Ada aturan baru, Sierad Produce (SIPD) siap lakukan penyesuaian harga

Adapun di 2019, SIPD telah menggandeng PT XL Axiata Tbk dan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk untuk pengadaan platform digital. Selain itu, SIPD juga menjalin kerjasama dengan Farm Result B.V.,HAS University Netherland untuk pengembangan lebih lanjut. 

Siread Produce mengutip beberapa riset yang menyatakan smart farming  dapat meningkatkan produktivitas hingga 30% dibandingkan peternakan biasa. Meski begitu, Tommy berharap SIPD dapat mencapai produktivitas di rentang 10%-15% saja sudah bagus.

Meski sudah ada gambaran produktivitas bisa meningkat, Tommy masih urung memproyeksikan dampaknya ke kinerja SIPD di tahun ini. "Masih terlalu dini untuk menyimpulkan hal tersebut karena full operation baru di awal Januari 2020," ujarnya. 




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×