kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Waskita pastikan SUTET di tol layang Jakarta-Cikampek sudah tertangani


Rabu, 18 September 2019 / 22:30 WIB
Waskita pastikan SUTET di tol layang Jakarta-Cikampek sudah tertangani
ILUSTRASI. Perawatan kabel listrik tegangan tinggi


Sumber: Kompas.com | Editor: Azis Husaini

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Keberadaan menara Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) yang menjadi kendala dalam penyelesaian proyek Tol Jakarta-Cikampek II (Elevated), kini telah tertangani. Kehadiran menara tersebut menyebabkan penyelesaian proyek ini yang ditargetkan beroperasi pada September 2019 menjadi mundur.

"Alhamdulillah kemarin sudah terealisasi peninggian kabel sementaranya pada 8 September sehingga hambatan untuk menyelesaikan proyek elevated ini sudah tertangani," kata Project Manager Tol Jakarta-Cikampek II Elevated Fatkhur Rozaq di lokasi proyek, Rabu (18/9/2019).

Baca Juga: Jalan tol layang Jakarta-Cikampek II dapat difungsikan saat natal 2019

Menara SUTET tersebut berada di KM 17. Tak hanya proyek ini, Light Rail Transit (LRT) Jabodebek dan Kereta Cepat Indonesia China ikut terhambat konstruksinya.

"LRT yang sudah mulai duluan juga belum bisa nyambung, begitu juga tol elevated. Ketika satu span belum nyambung, pekerjaan ke depan otomatis belum bisa kami selesaikan," ujarnya.

Fatkhur menyebut, seharusnya pemindahan dapat dilaksanakan pada April 2019. Namun, karena adanya perhelatan Pemilu 2019, rencana pemindahan SUTET urung dikerjakan.

Menurut dia, saluran listrik yang dialirkan melalui SUTET tersebut tak hanya dinikmati masyarakat, tetapi juga memasok Istana Negara. Sementara, untuk memindahkan SUTET tersebut diperlukan waktu tujuh minggu, termasuk di antaranya dilakukan pemadaman listrik sebanyak tujuh kali setiap Sabtu-Minggu.

Baca Juga: Jaga keandalan listrik, PLN gandeng TNI amankan jaringan transmisi di Bogor

"Jadi waktu itu kegiatan yang berpotensi menimbulkan gangguan stabilitas nasional sementara ditunda. Sehingga baru bisa kami kerjakan setelah Lebaran," ungkapnya.

Meski pekerjaan proyek sedikit terhambat, ia menuturkan, inisiasi terus dilakukan dengan pengaspalan di sejumlah titik yang telah tersambung.

Untuk titik yang terputus akibat belum tersambungnya jalur di bawah SUTET, Waskita menerapkan mekanisme aspal transfering system.

Baca Juga: Proyek Tol Jakarta Cikampek II Elevated sempat terhambat gara-gara sutet

"Jadi, pengaspalan yang semestinya baru bisa dikerjakan setelah slap di SUTET itu nyambung kami kerjakan terlebih dahulu. Jadi kami bisa berprogres aspal karena ada tiga titik menggunakan metode lifting aspal," tuntasnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Waskita Pastikan SUTET di Tol Layang Jakarta-Cikampek Tertangani

Penulis : Dani Prabowo

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×