kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Wow, underpass terpanjang di Indonesia siap diresmikan


Selasa, 31 Desember 2019 / 06:49 WIB
Wow, underpass terpanjang di Indonesia siap diresmikan
ILUSTRASI. Ilustrasi underpass. KONTAN/Fransiskus Simbolon/11/04/2018


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) merampungkan pembangunan jalan bawah tanah (underpass) New Yogyakarta International Airport ( NYIA). Struktur jalan yang diklaim sebagai underpass terpanjang di Indonesia tersebut dibangun dengan panjang 1,3 kilometer.

Dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Senin (30/12/2019), konstruksinya dimulai pada November 2018 dan telah beroperasi pada 20 Desember 2019. Dengan beroperasinya underpass tersebut, diharapkan dapat menghubungkan Purwokerto dan Yogyakarta melalui Jalan

Seperti diketahui, pembangunan Bandara Kulonprogo memotong jalan pantai selatan (pansela) lama. Selain itu, jalan bawah tanah ini juga diharapkan dapat memperlancar arus lalu lintas warga Kulon Progo dan sekitarnya sehingga mendorong pertumbuhan ekonomi Kabupaten Kulon Progo.

Baca Juga: Kawasan Properti Spesial di Koridor Timur Jakarta

"Kita terus promosikan jalur Pansela Jawa, supaya orang tertarik lewat selatan. Karena tidak hanya jalannya yang bagus namun juga memiliki pemandangan yang indah (panoramic road) dan terdapat banyak objek wisata,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Pembangunan underpass NYIA menelan biaya Rp 293 miliar yang bersumber dari Surat Berharga Syariah Negara (SBSN)/Sukuk Negara Tahun Anggaran 2018-2019.

Faktor keamanan

Struktur ini terdiri dari konstruksi terowongan (slab tertutup) sepanjang 1.095 meter serta jalan pendekat arah timur dan barat masing-masing sepanjang 110 meter dan 100 meter. Kemudian underpass dibangun dengan lebar 7,85 meter, clearance atas 5,2 meter dan samping 18,4 meter.

Baca Juga: Kredit konstruksi tumbuh signifikan di paruh pertama 2019

Sementara untuk faktor keamanan, Komite Keamanan Jembatan Panjang dan Terowongan Jalan menyediakan delapan pintu darurat di sisi kanan dan kiri terowongan.

Konstruksi underpass ini juga dilengkapi dengan rumah pompa dan dilapisi waterstop yang terbuat dari karet untuk beton dinding dan lantainya. Pembangunan rumah pompa tersebut dilakukan guna mengantisipasi terjadinya genangan air saat turun hujan. Di samping itu, untuk menambah nilai estetika pada konstruksi terowongan dihiasi ornamen khas Yogyakarta seperti Tari Jathilan, Tari Angguk Putri, Kalamakara dan Setilir Gebleg Renteng.

Baca Juga: Tujuh ruas tol dilelang tahun ini, tiga raksasa siap berebut

"Underpass NYIA ini siap diresmikan bersamaan dengan peresmian Bandara NYIA. Saat ini sedang uji comissioning," kata Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Endra S Atmawidjaja.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul ""Underpass" Terpanjang di Indonesia Siap Diresmikan"https://properti.kompas.com/read/2019/12/30/210812221/underpass-terpanjang-di-indonesia-siap-diresmikan
Penulis : Rosiana Haryanti
Editor : Hilda B Alexander

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×