kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

AKR Corporindo optimistis kontribusi pendapatan kawasan industri JIIPE tumbuh terus


Selasa, 26 Januari 2021 / 17:32 WIB
AKR Corporindo optimistis kontribusi pendapatan kawasan industri JIIPE tumbuh terus
ILUSTRASI. Suasana kawasan industri terpadu Java Integrated Industrial and Ports Estate (JIIPE), Gresik, Jawa Timur. ANTARA FOTO/Zabur Karuru/aww/18.


Reporter: Dimas Andi | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT AKR Corporindo Tbk (AKRA) yakin kontribusi lini bisnis kawasan industri Java Integrated and Ports Estate (JIIPE) di Gresik, Jawa Timur, akan semakin meningkat dalam beberapa waktu mendatang.

Sebagai catatan, kontribusi pendapatan bisnis kawasan industri AKRA baru mencapai 11% hingga kuartal III-2020. Dari JIIPE, AKRA meraup cuan dari penjualan dan sewa lahan serta utilitas.

Direktur AKR Corporindo Suresh Vembu menyebut, JIIPE merupakan bagian dari pengembangan kekuatan inti AKRA dalam pelayanan logistik rantai pasok yang menjawab kebutuhan industri dan ditujukan untuk menghasilkan recurring income bagi perusahaan.

Ia menjelaskan, pengembangan JIIPE tahap satu sudah hampir selesai. Kini, JIIPE akan memasuki pengembangan tahap kedua untuk menampung kluster-kluster industri baru dan sedang dalam tahap persiapan tanah. JIIPE sendiri terdiri dari kawasan industri seluas 1.761 hektar (Ha), kawasan pelabuhan seluas 406,1 Ha, dan kawasan residensial seluas 765,8 Ha.

“Seiring adanya UU Cipta Kerja yang memacu investasi, sudah mulai banyak permintaan lahan untuk kebutuhan industri di JIIPE,” terang Suresh, Selasa (26/1).

Baca Juga: Pemerintah akan ubah tarif royalti batubara dan emas, para pelaku usaha buka suara

Target industri yang menempati lahan di JIIPE adalah pelaku industri yang membutuhkan akses ke pelabuhan, lahan luas, dan utilitas. Saat ini, sudah banyak perusahaan-perusahaan nasional dan multinasional yang memiliki proyek di JIIPE. Salah satunya PT Freeport Indonesia yang sedang membangun smelter tembaga di sana.

Sebagai kawasan industri terintegrasi terbesar di Indonesia, JIIPE akan memiliki konektivitas dengan pelabuhan laut dalam, jalan tol, serta stasiun kereta api.

Suresh menyampaikan, kontribusi pendapatan dari JIIPE diproyeksikan meningkat hingga 22% pada tahun 2023 mendatang. Selain didukung oleh meningkatnya permintaan akan lahan industri, peran JIIPE akan semakin penting karena diusulkan untuk menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Zona Teknologi dan Manufaktur.

Beberapa manfaat akan diperoleh penyewa apabila JIIPE berstatus KEK. Di antaranya kemudahan perizinan, pengurahan atau penangguhan pajak tertentu, pembebasan bea dan cukai, tarif bea masuk 0% bila tidak mengandung kandungan dalam negeri, kemudahan pengurusan imigrasi dan izin kerja, dan pengadaan tanah dengan skema untuk kepentingan umum.

“JIIPE akan menjadi proyek penting di Indonesia. Kami yakin penjualan lahan dan utilitas di JIIPE akan menjadi salah satu segmen besar bagi AKRA,” pungkas dia.

Selanjutnya: AKR Corporindo (AKRA) targetkan penjualan BBM tumbuh hingga 12% pada 2021

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×