kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45922,92   -8,44   -0.91%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Anak usaha Nusantara Infrastructure (META) kembangkan sistem air minum di Bitung


Selasa, 19 Oktober 2021 / 13:29 WIB
Anak usaha Nusantara Infrastructure (META) kembangkan sistem air minum di Bitung


Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Unit bisnis PT Nusantara Infrastructure Tbk (META) di sektor air bersih, PT Potum Mundi Infranusantara (Potum) bersama dengan PT Alam Wiratama Kencana (AWK) dan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Dua Saudara Kota Bitung meneken nota kesepahaman (MoU) untuk program pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) dengan memanfaatkan sumber air baku di Wilayah Kota Bitung.

Penandatanganan MoU dilakukan Direktur Potum Donny P Suleiman, Direktur Utama AWK William Nicolas Sompotan, Direktur Utama PDAM Kota Bitung Raymond Luntungan, yang juga disaksikan langsung Walikota Bitung Maurits Mantiri dan Komisaris META Johnny Lumintang pada 18 Oktober 2021.

Direktur Potum Donny P Suleiman mengatakan, saat ini pelayanan air bersih di Kota Bitung baru mencapai 200 liter per detik. Melalui kerjasama antara Potum, AWK dan PDAM Kota Bitung, Donny berharap pihaknya dapat mendukung program pemerintah daerah untuk meningkatkan pendistribusian air bersih yang ramah lingkungan dengan memenuhi kebutuhan masyarakat hingga 400 liter per detik.

"Melalui penandatanganan MoU, peran serta Potum dalam proyek ini juga diharapkan dapat mendukung program pemerintah daerah untuk menyediakan layanan air minum yang ramah lingkungan sesuai dengan aspek 3K yaitu, kualitas, kuantitas dan kontinuitas," ujar Donny dalam keterangan tertulis yang diterima Kontan.co.id, Selasa (19/10).

Baca Juga: Nusantara Infrastructure (META) siap garap tiga proyek Bintaro Serpong Damai

Ketiga pihak berkomitmen dalam pengembangan dan peningkatan kapasitas serta kualitas SPAM Kota Bitung dengan memanfaatkan sumber air baku di wilayah tersebut sebesar 200-300 liter per detik dengan menggunakan teknologi non-chemical yang ramah lingkungan.

Proyek ini diharapkan dapat menjadi investasi yang menguntungan dan bermanfaat bagi berbagai pihak khususnya untuk seluruh Masyarakat, PDAM, Pemerintah Daerah, Kawasan Pelabuhan, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) serta pemangku kepentingan lainnya di Wilayah Bitung & Sulawesi Utara.

Sampai dengan saat ini, Potum telah mengoperasikan tiga instalasi pengolahan air bersih atau Water Treatment Plant (WTP) dengan total kapasitas 2.025 liter per detik melalui PT Sarana Catur Tirta Kelola (SCTK) yang terletak di Serang, Banten; PT Dain Celicani Cemerlang (DCC) di Medan, Sumatera Utara; dan PT Tirta Kencana Cahaya Mandiri (TKCM) di Cikokol, Tangerang, Banten.

"Air bersih yang dihasilkan ketiga WTP tersebut kemudian disalurkan melalui PDAM setempat untuk memenuhi kebutuhan industri dan perumahan, sekaligus mendukung program pemerintah dalam menanggulangi krisis air bersih yang berkembang di Indonesia," kata Donny.

Selanjutnya: Anak usaha Nusantara Infrastructure (META) kembangkan SPAM di Manado

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×