kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Aqua Japan siapkan sejumlah strategi untuk dongkrak penjualan di Indonesia


Jumat, 23 April 2021 / 17:05 WIB
Aqua Japan siapkan sejumlah strategi untuk dongkrak penjualan di Indonesia
ILUSTRASI. Produk elektronik lemari es AQUA Japan


Reporter: Arfyana Citra Rahayu | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Aqua Japan, produsen elektronik rumah tangga telah menyiapkan sejumlah strategi untuk mendongkrak penjualan di Indonesia. Selain ekspansi area penjualan, Aqua Japan juga melakukan inovasi di bidang service yakni memperpanjang masa garansi. 

Presiden Direktur Aqua Japan Indonesia, Kenji Sadayuki memaparkan pencapaian penjualan Aqua Japan di bulan Februari 2021 dibandingkan Februari 2020 untuk sejumlah produk elektronik rumah tangga. 

Sadayuki memerinci untuk penjualan kulkas jika melihat dari market size value naik 1,6% di Februari 2021 namun secara  unit penjualan  justru turun 3,5%. Kemudian, untuk produk mesin cuci, secara market size naik  4,2% dan secara unit naik 3%. Sedangkan untuk penjualan AC, dilihat dari market size mengalami penurunan 11,9% dan unit penjualan AC juga turun 10,7% disebabkan adanya regulasi impor AC. 

"Namun, jika secara umum menggabungkan penjualan kulkas, mesin cuci dan ac, secara unit mengalami kenaikan dibandingkan tahun sebelumnya," ungkap Sadayuki. 

Sadayuki mengatakan, di tengah pandemi Covid-19 saat ini, Aqua Japan memberikan produk yang sesuai dengan kebutuhan yakni yang erat kaitannya dengan kesehatan dan higenitas

“Kunci untuk dapat terus berkembang kami rasa terletak strategi dan inovasi yang tepat. Untuk itu, di masa pandemi ini, Aqua Japan terus menghadirkan inovasi baik dari sisi produk maupun layanan yang mampu menjawab kebutuhan konsumen,” kata Sadayuki. 

Adapun inovasi di bidang service yang dilakukan Aqua Japan adalah memperpanjang masa garansi bagi produk-produk elektroniknya. Hal ini bertujuan agar konsumen tetap merasa tenang dan aman menggunakan produk elektronik Aqua Japan. Beberapa produk seperti kulkas dua pintu inverter, mesin cuci bukaan atas (top load) dan bukaan depan (front load), air conditioner (AC), televisi LED, freezer rumahan, hingga showcase, mengalami perubahan masa garansi menjadi lebih lama. 

Baca Juga: Bisnis Elektronik Menggeliat saat Pandemi, Simak Produk-Produk yang Laris

Yudistiro, Sales Executive General Manager AQUA Japan Indonesia menambahkan, latar belakang dilakukannya inovasi di bidang service supaya konsumen tidak khawatir adanya batas masa garansi. 

"Terkadang terjadi hal-hal yang bersifat force majeure seperti bencana alam yang terjadi beberapa waktu lalu. Meski hal ini tidak kami harapkan terjadi, perpanjangan masa garansi akan memberikan ketenangan bagi seluruh konsumen dan hal inilah yang membedakan AQUA Japan dengan kompetitor lain," jelasnya. 

Beberapa poin garansi yang berubah di antaranya, garansi untuk kompresor kulkas yang sebelumnya diberikan hanya 10 tahun, bertambah menjadi 12 tahun. Sementara untuk mesin cuci baik bukaan atas maupun bukaan depan, juga mendapatkan tambahan masa garansi khususnya bagi part BLDC Motor (Brushless Direct Current Inverter) dari awalnya 5 tahun menjadi 12 tahun dan standar motor dari 5 tahun bertambah menjadi 7 tahun. Sementara untuk air conditioner mengalami penambahan waktu terbesar khususnya bagi part kompresor yang dari sebelumnya 5 tahun bertambah menjadi 10 tahun. 

Yudistiro menjelaskan lebih lanjut, Aqua Japan juga memberikan perpanjangan masa garansi  bagi produk LED dan LCD TV, dari sebelumnya hanya 2 tahun menjadi 5 tahun khusus part panel

Selain memperpanjang masa garansi, Aqua Japan juga akan ekspansi menambah area penjualan.  Yudistiro mengungkapkan perusahaan akan memperluas area penjualan ke luar Jakarta dan Jawa yakni ke area Sumatera, Sulawesi, dan Kalimantan. 

Tak hanya itu, Aqua Japan juga terus mengembangkan produk lainnya untuk masuk ke pasar premium yang diharapkan bisa berkontribusi positif pada penjualan Aqua Japan di Indonesia. 

Selanjutnya: Begini strategi penetrasi pasar Aqua Japan di masa pandemi Covid-19

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×