kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bangun dua internet data center (IDC) di Indonesia, Ini alasan Tencent Cloud


Selasa, 21 September 2021 / 16:45 WIB
Bangun dua internet data center (IDC) di Indonesia, Ini alasan Tencent Cloud


Reporter: Ramadhan Sultan | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tencent Cloud telah meluncurkan internet data center (IDC) pertama di Indonesia pada April 2021 di Jakarta lalu untuk memberikan layanan yang lebih baik kepada pelanggan Tencent Cloud yakni Aestron, Bank Neo Commerce, Bank Mega, JOOX dan Wetv.

Tencent Cloud sedang membangun data center kedua di Indonesia yang akan rampung pada akhir tahun 2021. Ini adalah pertama kalinya Tencent Cloud membangun dua IDC di pasar dalam setahun.

Senior Vice President Tencent Cloud International Poshu Yeung mengatakan, membangun kedua IDC di Indonesia guna memenuhi tuntutan kebutuhan dari bisnis Indonesia yang memiliki minat signifikan dalam memanfaatkan layanan cloud milik Tencent Cloud di kawasan tersebut.

Dengan membangun IDC yang kedua di Indonesia, memungkinkan Tencent Cloud bisa lebih dekat dengan pelanggan dan penggunanya, demi mengurangi akses yang tertunda terhadap data dan aplikasi serta membantu bisnis maupun organisasi di tanah air mempercepat transformasi digital.

“Ini akan membantu pelanggan untuk memenuhi peraturan dan syarat kepatuhan serta memberikan lebih banyak pilihan untuk pemulihan bencana di seluruh wilayah Asia Pacific (APAC). Selain itu, ini juga menunjukkan komitmen Tencent untuk memenuhi permintaan bisnis yang berkembang di Indonesia dan Asia,” ucap Poshu kepada Kontan.co.id, Selasa (21/9).

Poshu menjelaskan, Indonesia salah satu pasar cloud publik yang tumbuh paling cepat di Asia Pasifik dengan compound annual growth rate (CAGR) sebesar 25% dan pertumbuhan besar pasarnya diperkirakan akan meningkat menjadi US$ 0,8 miliar pada tahun 2023.

Baca Juga: Tencent segera luncurkan Internet Data Center kedua di Indonesia akhir tahun

Ia bilang dengan populasi sekitar 270 juta, Indonesia merupakan negara terpadat keempat di dunia dan jumlah populasi penduduk usia muda yang lebih banyak serta Indonesia memiliki dividen demografis internet yang besar dengan pasar internet mobile yang berkembang dengan cepat.

“Oleh sebab itu, dengan IDC kedua Tencent Cloud yang akan rampung akhir tahun 2021 untuk memenuhi kebutuhan layanan cloud dan membantu secara maksimal tercapainya potensi optimal cloud computing yang terus meningkat di Indonesia dan wilayah sekitarnya,” ungkap Poshu.

Poshu amengatakan, Tencent Cloud dengan membangun IDC di Indonesia strategi yang dilakukan agar bisa bersaing dengan perusahaan data center lainnya yakni Tencent menawarkan layanan cloud yang berkinerja tinggi, berkebutuhan perawatan yang mudah, pintar, dan fleksibel bagi para pelanggan Indonesia termasuk layanan keuangan, FinTech, media maupun game.

Dia bilang Tencent Cloud juga mengedepankan nilai-nilai perusahaan para mitra lokal, seperti dalam kerjasama dengan organisasi-organisasi di Indonesia seperti Astrindo Starvision untuk mempromosikan solusi cloud di Indonesia dan memperkenalkan layanan Tencent Cloud ke lebih banyak lagi perusahaan di Indonesia.

Selanjutnya: Jejak Pemain Global di Bisnis Data Center Indonesia Semakin Nyata

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×