kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45997,15   3,55   0.36%
  • EMAS1.199.000 0,50%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bank Mandiri kucurkan kredit US$ 100 juta untuk Pertamina


Kamis, 08 Februari 2018 / 18:13 WIB
Bank Mandiri kucurkan kredit US$ 100 juta untuk Pertamina
ILUSTRASI. Bank Mandiri


Reporter: Laurensius Marshall Sautlan Sitanggang | Editor: Dupla Kartini

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank Mandiri Tbk menyalurkan pinjaman senilai US$ 100 juta kepada Pertamina Group. Pemberian pinjaman ini wujud sinergi BUMN untuk mendukung program pemerintah dalam mengembangkan sektor minyak dan gas.

Kredit tersebut merupakan bagian dari sindikasi bersama delapan bank asing, di mana Bank Mandiri satu-satunya bank nasional yang menjadi mandated lead arranger. Dari total fasilitas sindikasi senilai US$ 600 juta yang diberikan kepada Pertamina Group, Bank Mandiri menduduki peringkat kedua terbesar dari sisi nominal kredit yang dikucurkan.

Menurut Direktur Bank Mandiri Royke Tumilaar, pembiayaan dengan skema cross border transaction ini tergolong menantang, karena Bank Mandiri dihadapkan pada struktur pembiayaan yang cukup kompleks, melibatkan beberapa negara, dan regulasi internasional yang ketat. Hal ini sesuai dengan rencana Bank Mandiri ke depannya untuk menjadi bank penyalur kredit korporasi dengan solusi beragam dan inovatif.

Dalam pemberian fasilitas selain kredit yang sifatnya konvensional, Bank Mandiri juga mulai mengarah menjadi financial advisor bagi para nasabah korporasi.

“Keikutsertaan Bank Mandiri dalam skema pinjaman ini juga diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan Pertamina kepada kami, serta wujud komitmen kami dalam mendukung pengembangan bisnis global Pertamina,” kata Royke Tumilaar dalam keterangan pers yang diterima Kontan.co.id, Kamis (8/2).

Royke Tumilaar menambahkan, kolaborasi Bank Mandiri dan Pertamina Group juga diwujudkan melalui penyediaan produk dan layanan perbankan, untuk membantu meningkatkan efisiensi dan pengelolaan likuiditas, seperti notional pooling, dan cash card.

Selain itu, untuk transaksi valas Bank Mandiri juga aktif memberikan solusi yang dapat membantu terpenuhinya kebutuhan valas Pertamina, antara lain melalui transaksi forex harian, transaksi derivatif, dan tripartite treasury.

Bank Mandiri dan Pertamina juga melakukan pengembangan sistem bersama sebagai fundamental jalannya transaksi harian dalam bentuk corporate payable, SOPP, dan autocollection. Sebagai bagian dari komitmen Bank Mandiri untuk memberikan solusi yang terintegrasi, Bank Mandiri tidak hanya memberikan solusi kepada korporasi tetapi juga kepada karyawannya dalam bentuk pembiayaan cosumer dan fasilitas lainnya.

Kerja sama ini sejalan dengan keinginan Bank Mandiri untuk dapat semakin berperan dalam rangka meningkatkan sinergi BUMN dengan Pertamina dan anak perusahaan (Pertamina Group).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×