kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bankir genjot transaksi di akhir tahun


Senin, 24 Desember 2018 / 16:27 WIB
Bankir genjot transaksi di akhir tahun
ILUSTRASI. Kesiapan dana untuk Natal dan Tahun Baru


Reporter: Maizal Walfajri, Ratih Waseso | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perbankan tidak mau kehilangan momentum untuk memanfaatkan libur Natal dan Tahun Baru 2019 untuk menggenjot transaksi. Berbagai program promosi siapkan agar nasabah melakukan transaksi pembayaran di berbagai merchant selama liburan.

Bank Mandiri misalnya, gencar melakukan promosi baik untuk transaksi lewat kartu debit, uang elektronik, maupun kartu kredit pada momen libur akhir tahun seperti ini. Senior Vice President Transaction Banking and Retail Sales Bank Mandiri Thomas Wahyudi mengatakan, menjelang Natal dan Tahun Baru kenaikan transaksi rata-rata biasanya sekitar naik 15%–20% dibandingkan bulan-bulan sebelumnya. "Kenaikan transaksi ini terutama didorong oleh transaksi yang berkaitan dengan merchant department store, supermarket, hotel, dan perjalanan. Kenaikannya sekitar Rp 1,7 triliun sampai Rp 2 triliun pada bulan Desember (dibanding bulan biasa)," ujar Thomas, Kamis (20/12).

Gambaran saja, pada Desember 2017 nilai transaksi di merchant dengan fasilitas Bank Mandiri mencapai Rp 10 triliun. Sedangkan nilai transaksi pada Desember 2018 diproyeksikan meningkat dari tahun lalu yakni menjadi Rp 13 triliun hingga Rp 15 triliun.

Begitupun dengan Bank BNI. General Manager Product Management Division Bank BNI Donny Bima mengatakan, nilai transaksi lewat debit BNI bisa bertumbuh dobel digit dibandingkan posisi sama tahun lalu.

Dengan nasabah BNI sebanyak hampir 23 juta, nilai transaksi debit secara bulanan sebesar Rp 1,2 triliun hingga Rp 1,5 triliun. Pada bulan Desember 2018 dengan program promosi, nilai transaksi bisa mencapai Rp 2 triliun.

Guna mencapai target tersebut, Bank BNI mengelar berbagai promo seperti memberikan potongan harga hingga 60%, uang kembali (cashback) dan berbagai hadiah. Bank berlogo angka 46 ini membidik berbagai produk yang menyasar kebutuhan keluarga.

Untuk transaksi kartu kredit, General Manager Credit Card Division BNI Okki Rushartomo memproyeksikan, nilai transaksi sepanjang Desember 2018 sebesar Rp 3,6 triliun. Target ini lebih besar dari pencapaian 2017 yang sebesar Rp 3,4 triliun. Adapun nilai rata-rata transaksi kartu kredit BNI secara bulanan sebesar Rp 3,3 triliun.

Direktur Konsumer Bank CIMB Niaga Lani Darmawan bilang. Harapannya ada pertumbuhan sekitar 20% dibanding bulan biasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×