Bawa 169 wisatawan asing, kapal cruise MV Le Laperouse berlabuh di Pelabuhan Kumai

Minggu, 06 Januari 2019 | 18:18 WIB   Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk
Bawa 169 wisatawan asing, kapal cruise MV Le Laperouse berlabuh di Pelabuhan Kumai

ILUSTRASI. Kapal pesiar Princess Cruises


WISATA - JAKARTA. Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Kumai melakukan sejumlah persiapan kedatangan kapal cruise MV. Le Laperouse berbobot 9.900 GT yang direncanakan akan tiba pada 8 Januari 2019 di Kumai Kabupaten Kobar Kalimantan Tengah.

Kepala KSOP Kelas IV Kumai Wahyu Prihanto mengatakan, informasi tersebut didapat dari shipping agency bahwa kapal Cruise Le Laperouse berbendera Prancis akan tiba di muara Kumai Kabupaten Kobar pada Selasa (8/1) pukul 04.00 WIB dan direncanakan melanjutkan perjalanannya menuju Banyuwangi pada Rabu (9/1).

"Jumlah penumpang wisatawan sebanyak 169 wisatawan asing yang rencananya akan berwisata di Kumai seperti melihat cagar hutan alam dan Orang Utan di Tanjung Puting serta budaya-budaya lainnya di wilayah Kobar Kalimantan Tengah," ungkap Wahyu dalam keterangan resminya, Minggu (6/1).

Mengingat ukuran kapal cruise yang dibangun pada tahun 2018 tersebut sangat besar dan tidak bisa sandar di Pelabuhan Kumai maka KSOP Kumai telah menyiapkan lokasi anchorage kapal dimaksud.

Wahyu bilang, nantinya, penumpang kapal akan dibagi atas dua grup, dimana setiap group beranggotakan masing-masing sekitar 80 orang yang akan dijemput oleh kapal tradisional.

Dia memastikan akan memberikan layanan kenavigasian sejak kapal tersebut masuk ke alur laut hingga nanti kapal tersebut lego jangkar.

"Kita akan berikan layanan sebaik-baiknya saat kedatangan kapal tersebut. Selain itu, kami memastikan kapal tradisional yang akan mengangkut mereka dari kapal cruise tersebut sudah memenuhi aspek keselamatan pelayaran yang salah satunya menyiapkan untuk para wisatawan tersebut," ujar Wahyu.

Wahyu bilang, pihaknya juga akan berkoordinasi dengan Karantina Pelabuhan, Imigrasi, Bea life jacket Cukai, Kepolisian untuk kelancaran kedatangan kapal cruise tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Herlina Kartika Dewi

Terbaru