kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Berbagai faktor eksternal menekan rupiah ke Rp 14.553 per dollar AS


Senin, 10 Desember 2018 / 20:08 WIB
Berbagai faktor eksternal menekan rupiah ke Rp 14.553 per dollar AS
ILUSTRASI. Nilai tukar rupiah


Reporter: Yusuf Imam Santoso | Editor: Sanny Cicilia

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kurs rupiah kembali tergilas penguatan dollar Amerika Serikat (AS). Mengutip Bloomberg, mata uang Garuda di pasar spot ditutup dengan pelemahan kurs 0,5% menjadi Rp 14.553 per dollar AS. 

“Apa yang terjadi dengan pelemahan rupiah karena kondisi global,” kata Analis, PT Valbury Asia Futures, Lukman Leong kepada KONTAN, Senin (10/12). 

Adapun kondisi global yang dimaksud sebagai berikut.

Pertama, keadaan ekonomi global yang tertekan. Permintaan atas uang tunai dollar AS naik. Kedua, cuaca perang dagang AS dengan China masih gerah sampai saat ini. Kondisi ini makin runyam setekag ditangkapnya Chief Financial Officer (CFO) Huawei Technologies, Meng Wanzhou di Kanada atas permintaan AS. 

Analis Asia Trade Point Futures, Andri Hardianto menambahkan, rupiah melemah karena dipengaruhi oleh kegelisahan pemerintahan di Eropa terhadap sejumlah keputusan. Salah satunya, keinginan Italia mematok defisit transaksi 2,4% dari Produk Domestik Bruto (PDB) di tahun 2019, naik dari target sebelumnya 1,8%. Tetapi, Italia ingin meningkatkan biaya ekspansi untuk mencegah pelemahan ekonomi.

Isu Brexit yakni tentang draf kesepakatan Inggris dengan Uni Eropa juga belum menemukan titik terang. “Ketidakpastian itu yang pada akhirnya membuat dollar diuntungkan,” Kata Andri kepada KONTAN, Senin (10/12).

Aksi beli dollar AS juga tertolong kurs The Greenback yang sudah terpangkas pada pekan lalu. 

Proyeksi Selasa 

Untuk prediksi rupiah besok Selasa (11/12) Andri masih menunggu rilis data neraca dagang Bank Indonesia. "Pelaku pasar akan menanti hasil defisitnya,” kata Andri. 

Adapun perkiraannya, rupiah akan bergerak di level Rp 14.530 per dollar AS sampai Rp 14.570 per dollar AS pada perdagangan besok.

Sementara itu, di awal 2019, ia memperkirakan rupiah akan tertekan. Sentimen yang cukup memengaruhi rupiah adalah perkembangan harga minyak dunia. Terlebih nantinya tarif impor minyak akan naik.

Sedangkan Lukman dari Valbury memperkirakan, rupiah bergerak di antara level terkuat Rp 14.525 per dollar AS sampai level terlemah di Rp 14.650 per dollar AS, esok. Hal ini akan masih berlangsung sampai awal tahun 2019.
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×