kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bidik Rp 2 triliun, HK Infrastruktur akan IPO akhir 2021


Minggu, 18 April 2021 / 13:01 WIB
Bidik Rp 2 triliun, HK Infrastruktur akan IPO akhir 2021
ILUSTRASI. Proyek HK Infrastruktur


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Anak usaha PT Hutama Karya (Persero), PT HK Infrastruktur (HKI) bakal melakukan penawaran saham perdana atau initial public offering (IPO) pada akhir Tahun 2021.

Direktur Utama PT Hutama Karya (Persero) Budi Harto mengungkapkan hal itu dalam webinar Mengukur Infrastruktur, Jumat (17/04/2021). "Pertama, kami akan melakukan (IPO) HKI yang akan dijajaki pada akhir tahun ini, di Semester II," jelas Budi.

Budi mengungkapkan, dari IPO HKI ini, Hutama Karya berharap mendapatkan dana segar sebesar Rp 2 triliun. Dana tersebut akan digunakan untuk pengembangan HKI agar lebih maju lagi.

Sejatinya, Hutama Karya memiliki tiga anak usaha yakni, HKI, PT Hakaaston (HKA), serta PT HK Realtindo (HKR).

Selain HKI, HKA dan HKR juga akan melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI). Masing-masing dari anak usaha HK ini direncanakan IPO pada Tahun 2022 dan 2023.

Untuk diketahui, HKI didirikan sejak tahun 2015 yang merupakan spin-off dari Divisi Jalan & Jembatan milik HK.

Baca Juga: Setelah Hutama Karya Infrastruktur, HK siapkan Hakaaston dan HK Realtindo untuk IPO

HKI merupakan salah satu implementasi strategi value capture yang dijalankan HK dalam rangka optimalisasi manfaat atas penugasan pengembangan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) yang diamanatkan Pemerintah kepada HK.

Hingga kini, HKI telah membangun sejumlah proyek infrastruktur di antaranya Tol Cinere-Jagorawi (Cijago), Tol Palembang-Indralaya, Tol Medan-Binjai Seksi 1 (Tanjung Mulia-Marelan-Helvetia, Seksi 2 (Helvetia-Sei Semayang) dan Seksi 3 (Sei Semayang-Binjai).

Kemudian, Tol Indralaya-Prabumulih, Tol Pekanbaru-Bangkinang, Tol Binjai-Pangkalan Brandan, Tol Taba Penanjung–Bengkulu, serta Tol Padang-Sicincin.

Lalu, HKA merupakan anak usaha HK yang bergerak di bidang usaha aspal beton (hot mix), beton ready mix, jasa konstruksi, dan perdagangan. Sedangkan, HKR merupakan anak usaha HK yang bergerak di bidang properti. (Suhaiela Bahfein)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Akhir 2021 HK Infrastruktur Bakal Melantai di Bursa, Bidik Rp 2 Triliun"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×