Bidik wisman Thailand, Kementerian Pariwisata ikut Thailand International Travel Fair

Senin, 05 Februari 2018 | 10:33 WIB   Reporter: Jane Aprilyani
Bidik wisman Thailand, Kementerian Pariwisata ikut Thailand International Travel Fair

ILUSTRASI. Candi Borobudur


INDUSTRI PARIWISATA - JAKARTA. Sejak awal tahun 2018, Kementerian Pariwisata (Kempar) terus tancap gas memasarkan pariwisata Indonesia. Penetrasi pasar potensial pun dilakukan tanpa henti. Yang teranyar, Kempar akan mengikuti Thailand International Travel Fair (TITF) 2018, 7-11 Februari 2018 di Queen Sirikit National Convention Center, Bangkok.

”Ini momentum yang sangat penting untuk bisa meraih pasar Thailand. pameran pariwisata ini menjadi referensi bagi warga Thailand dalam mencari alternatif tujuan wisata ke luar negeri,” kata Plt Asisten Deputi Zona II Regional III Kemenpar Rizki Handayani dalam keterangan yang diterima KONTAN, Senin (5/2).

Keikutsertaan Wonderful Indonesia pada ajang ini memang tepat. Thailand merupakan salah satu fokus pasar wisatawan ASEAN ke Indonesia. Negeri Gajah Putih menduduki peringkat ke-4 setelah Singapura, Malaysia dan Filipina. Tercatat 98,289 wisman Thailand masuk ke Indonesia pada periode Januari–November 2017.

"Pada tahun 2018 ini, kita menargetkan wisman Thailand sebesar 163.000. Selain itu pameran yang diselenggarakan oleh Thai Travel Agent Association (TTAA) tersebut merupakan salah satu pameran pariwisata terbesar di Thailand. Diperkirakan 400.000 pengunjung akan datang di pameran ini," ujar Kiki, sapaan akrab Rizki Handayani.

Dalam pameran tersebut Indonesia akan tampil maksimal. Kegiatan penjualan akan menjadi fokus utamanya. Sebanyak 10 industri pariwisata serta 1 Dinas Pariwisata bakal ikut diboyong. Sebanyak 10 TA/TO dan hotelier berasal dari Bali, Jawa Tengah, Jawa Barat, NTT, Yogyakarta serta Sumatera Utara akan terlibat. Selain itu, ada Dinas Pariwisata DI Yogyakarta bakal merayu pasar Thailand.

"Promosi yang selama ini bertitik berat di branding dan advertising, mulai bergeser ke selling. Branding sudah dilakukan gencar di tahun pertama, advertising digeber tahun kedua. Tahun ketiga dan seterusnya sudah harus selling to the point,” tambah Kiki.

Untuk memperkuat bentuk, Wonderful Indonesia akan menempati paviliun seluas 48 meter persegi (8 booth). Tema Kapal Phinisi pun akan kembali di tampilkan sebagai ikon yang menjadi ciri khas booth Wonderful Indonesia selama ini.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Sofyan Hidayat

Terbaru