kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bisnisnya terinspirasi dari Silicon Valley (2)


Kamis, 31 Januari 2019 / 13:15 WIB
Bisnisnya terinspirasi dari Silicon Valley (2)


Reporter: Ferrika Sari | Editor: Tri Adi

Ketika masih kuliah Kenji Kasahara mendapatkan inspirasi berbisnis dari sebuah seminar di kampus. Saat itu di seminar tersebut membahas perkembangan bisnis internet yang dilakukan Silicon Valley. Ia terinspirasi menekuni bisnis ini. Sembari kuliah ia membuat situs pencarian kerja. Tak puas, Ia membangun media sosial Mixi. Kalah dengan kehadiran Facebook, Kasahara melirik bisnis gim smartphone. Hasilnya menjadikan Kasahara sebagai miliarder.

Kenji Kasahara sukses menjadi miliarder berkat menekuni bisnis teknologi. Ada banyak usaha yang dilakoni Kasahara mulai dari media sosial, gim smartphone hingga e-commerce.

Cerita sukses itu berawal dari seminar yang diikuti ketika berada di Universitas Tokyo, Jepang. Ia tertarik mengenai studi kasus perkembangan bisnis internet di lembah Silicon Valley

Kemajuan perusahaan teknologi di Silicon Valley telah menginspirasi Kasahara mendirikan perusahaan rintisan atau dikenal dengan startup. Setelah mempelajari seluk-beluk bisnis di Sillicon Valley, lelaki yang mengambil studi ekonomi mulai memberanikan diri meluncurkan situs sendiri.

Kemahirannya meramu bisnis teknologi ini bukan datang sendiri. Ia selalu terbiasa mengisi waktunya untuk membaca buku sekaligus gemar memantau perkembangan bisnis teknologi dunia. Hal ini terlihat jelas dari perjalanan kariernya, mayoritas untuk mengembangkan industri teknologi.

Di usia 21 tahun, Kasahara membuat situs web pekerjaan online bernama Find Job! Pembuatan situs itu melihat ada peluang bisnis untuk memudahkan orang Jepang mencari pekerjaan.

Tidak puas sampai di situ, Kasahara mendirikan perusahaan bernama eMencury Inc pada 1999. Pada tahun 2004, ia meluncurkan layanan jejaring sosial serupa bernama Mixi Inc. Layanan ini akan memudahkan setiap orang Jepang beriteraksi dan berkomunikasi tanpa perlu mendatangi orang tersebut secara langsung.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×