kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45944,39   -12,72   -1.33%
  • EMAS977.000 -1,21%
  • RD.SAHAM -1.34%
  • RD.CAMPURAN -0.36%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.03%

Blackberry Messenger masih jadi jawara


Kamis, 12 Juni 2014 / 11:08 WIB
Blackberry Messenger masih jadi jawara


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

JAKARTA. Konsumen smartphone Indonesia masih memilih Blackberry Messenger (BBM) sebagai aplikasi untuk mengobrol/chatting. Setidaknya 79% konsumen menggunakan BBM untuk mengobrol, disusul dengan aplikasi WhatsAPP 57% dan LINE 30%.

Berdasarkan rilis yang diterima KONTAN, Kamis (12/6), catatan ini merupakan hasil temuan Nielsen On Device Meter (ODM) dari Nielsen, perusahaan penyedia informasi dan insights mengenai apa yang konsumen tonton dan beli.

Nielsen ODM menjelaskan rata-rata waktu yang dihabiskan per hari untuk mengobrol dengan BBM adalah 23,3 menit, 6,2 menit dengan WhatsApp dan 5,1 menit dengan LINE.

Di samping itu, Nielsen ODM di Februari 2014 mencatat bahwa pengguna smartphone di Indonesia menghabiskan waktu rata-rata 140 menit per hari untuk menggunakan smartphone mereka. Dari total waktu aktif tersebut, 37 menit digunakan untuk Chatting, 27 menit untuk Surfing/Browsing, 23 menit untuk Utility Apps, 17 menit untuk Gaming dan 15 menit untuk Multimedia.

Kemudian Messaging (8 menit), Calls (6 menit), dan Phone Navigation (3 menit). Email, Phone Features, Office Packages dan Security masing-masing menghabiskan waktu 1 menit per hari. Pengguna smartphone kebanyakan aktif pada jam-jam setelah jam kerja yaitu di rentang waktu antara pukul 18.00 – 22.00 WIB. Sebagian besar waktu digunakan untuk Chatting diikuti dengan Browsing dan Gaming.

Rata-rata wanita menghabiskan waktu lebih banyak setiap hari untuk mengobrol dibandingkan dengan pria. Temuan Nielsen memperlihatkan bahwa wanita menghabiskan 43 menit per hari untuk mengobrol, sementara pria menghabiskan waktu 11 menit lebih sedikit yaitu 32 menit per hari.

Sedangkan untuk messaging (SMS dan MMS) dan bertelepon, wanita juga menghabiskan waktu sedikit lebih banyak daripada pria dimana wanita menghabiskan 9 menit per hari untuk messaging dan 7 menit untuk bertelepon, sementara pria menghabiskan waktu 9 menit untuk messaging dan 5 menit untuk bertelepon. Dilihat dari kelompok usia, pengguna smartphone dari kalangan dewasa muda (25-30 tahun) menghabiskan waktu lebih banyak untuk mengobrol (47 menit) dibandingkan dengan kelompok usia lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Financial Modeling & Corporate Valuation Fundamental Supply Chain Planner Development Program (SCPDP)

[X]
×