Citilink tergelincir di Padang, penumpang selamat

Senin, 03 Agustus 2015 | 05:38 WIB   Reporter: Noverius Laoli
Citilink tergelincir di Padang, penumpang selamat


JAKARTA. Pesawat Citilink tergelincir di Padang pada hari Minggu (2/8) pukul 19.27 WIB. Pesawat dengan nomor penerbangan QG 970 dari Jakarta menuju Padang padang tersebut mengalami overrun (tergelincir) saat mendarat di Bandara Internasional Minangkabau, Padang. Pesawat yang mengangkut sebanyak 178 penumpang selamat tersebut tengah berusaha dievakuasi dari landasan pacu oleh otoritas setempat menuju terminal dan semua penumpang dalam keadaan selamat.

President & CEO Citilink Indonesia Albert Burhan dalam keterangan tertulisnya mengatakan, seluruh penumpang selamat. Kendati begitu, ada dua penumpang yang mengalami kaget atau shock ringan. "Mereka telah kita bawa ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut,” ujar Albert Minggu (2/8) malam.

Ia menjelaskan, mengenai penyebab pesawat tergelincir masih dicari tahu namun saat itu yang diketahui kondisinya cuaca sedang terjadi hujan lebat. Managemen Citilink juga sudah berkoordinasi dengan KNKT (Komite Nasional Keselamatan Transportasi) untuk mencari tahu penyebab yang sesungguhnya.

Sejauh ini tidak ada penumpang maupun pilot dan awak kabin yang terluka dalam kejadian tersebut, sedangkan kondisi pesawat dengan nomor registrasi PK-GQG itu sedang diupayakan untuk ditarik agar tidak menganggu aktivitas penerbangan lainnya.

Pesawat jenis Airbus A320 itu membawa 174 penumpang dewasa, seorang anak, dan tiga orang bayi (total 178 penumpang) dan dipiloti Kapten Berry P Sinaga dan tiga orang kru pesawat. Saat ini, penumpang sudah berada di dalam terminal dalam keadaan selamat. Sementara ini, otoritas bandara setempat tengah berupaya keras agar badan pesawat ditarik keluar jalur landasan pacu agar aktivitas penerbangan normal untuk keesokan harinya.

Menyinggung soal ban pesawat yang pecah, hingga kini masih dicari tahu, namun belum ada laporan yang menyebutkan adanya kerusakan fatal. Manajemen Citilink juga belum memutuskan untuk menunda atau melanjutkan penerbangan dari dan menuju padang karena masih menunggu perkembangan hingga tengah malam ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru