Co-branding Wonderful Indonesia percepat capai target 20 juta wisman

Rabu, 08 Agustus 2018 | 22:35 WIB   Reporter: Jane Aprilyani
Co-branding Wonderful Indonesia percepat capai target 20 juta wisman

ILUSTRASI. Kementerian Pariwisata


WISATA - JAKARTA. Kementerian Pariwisata (Kempar) menargetkan melakukan PKS (Perjanjian Kerja sama) Co-Branding Wonderful Indonesia (WI) dan Pesona Indonesia (PI) dengan 100 mitra (brand) pada tahun ini.

PKS ini sebagai wujud in action Co-Branding Wonderful Indonesia dan Pesona Indonesia dalam mempercepat tercapainya target kunjungan 17 juta wisatawan mancanegara (wisman) tahun ini dan 20 juta wisman pada tahun depan.

Ketua Tim Co-Branding Kemenpar Priyantono Rudito mengatakan, sudah ada 119 brand dari berbagai kategori produk seperti Fast Moving Consumer Goods (FMCG), banking, kuliner, digital hingga selebritis endorser yang melakukan co-branding dengan WI/PI, dan hari ini bertambah 11 brand melakukan MoU.

“Menteri Pariwisata Arief Yahya tahun ini mentargetkan 100 brand melakukan PKS Co-Branding WI/PI. PKS sebagai _in action co-branding_ dalam upaya mempercepat pencapaian target kunjungan wisman,” kata Priyantono Rudito dalam keterangan persnya, Rabu (8/8).

Priyantono Rudito mengatakan, dari 130 brand yang sudah melakukan MoU 41 di antaranya telah menandatangani PKS dengan Kempar di bawah koordinasi Kementerian koordinator PMK sehingga sudah melakukan action konkret untuk meningkatkan ekuitas dari brand Wonderful Indonesia di mancanegara maupun Pesona Indonesia di Tanah Air.

"Action konkrit co-branding WI/PI dengan mitra sudah diwujudkan yang masing-masing brand mendapat benefit. Misalnya, dengan PT Blue Bird Group yang memasang logo WI di kendaraan taksi dan bus, kemudian Kempar memberikan benefit berupa _Training for the Trainer Program Wonderful Indonesia Service Ambassador (WISA)_ kepada para pengemudi Blue Bird,” sebut Priyantono.

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya menawarkan agar korporasi memanfaatkan posisi tawar Brand Wonderful Indonesia yang tinggi saat ini menempati peringkat 47 dalam Country Branding Index jauh mengungguli Malaysia dan Thailand.

Melalui kerja sama co-branding para brand (mitra) akan mendapatkan banyak benefit di antaranya efisiensi anggaran, co-creation, serta meningkatkan exposure masing-masing brand.

Sebelas brand yang melakukan penandatanganan MoU hari ini di antaranya Bali Bird Park, Mandiri e Money, Tauzia Hotel, Mustika Ratu, Centro Keramik, Hotel Tugu, Mixagrip, Bango, Trans Jakarta, Damri, dan Orchid Forest Cikole.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru