DKI incar Pulogebang dan Cilangkap sebagai lokasi proyek Rusunami DP 0 rupiah

Rabu, 20 Februari 2019 | 20:17 WIB   Reporter: kompas.com
DKI incar Pulogebang dan Cilangkap sebagai lokasi proyek Rusunami DP 0 rupiah


PROPERTI - JAKARTA. Sejumlah lokasi tengah dibidik Pemerintah Provinsi DKI untuk dibangun proyek rumah susun sederhana milik ( rusunami) dengan skema uang muka atau down payment (DP) Rp 0. 

Selain Cilangkap, wilayah Pulogebang dan beberapa lokasi lain di luar Jakarta Timur, juga akan menjadi sasaran pembangunan program yang digagas Gubernur DKI Anies Baswedan tersebut.  "Nanti ada di Jakarta Barat ada, di Jakarta Selatan ada," kata Direktur Utama Perumda Pembangunan Sarana Jaya Yoory C Pinontoan menjawab pertanyaan Kompas.com, Rabu (20/2). 

Namun begitu, Yoory masih merahasikan lokasi pasti pembangunan proyek hunian jangkung di kedua wilayah tersebut. Namun untuk rencana pengembangan di Pulogebang, menurut dia, sudah ada sedikit titik terang dalam pengadaan lahan. "Kami masih negosiasikan (untuk di Jakbar dan Jaksel). Jangan sampai nanti harga tanah mahal-mahal kan kasihan juga. Malah jadi tidak bisa dibangun DP 0 Rupiah," jelas Yoory. 

Adapun untuk pengembangan rusunami di Pulogebang, Yoory menyebut, proses negosiasi pembelian lahan sudah mencapai 90 persen dengan luas 4 hektar. Yoory menambahkan, pihaknya belum dapat menghitung berapa banyak unit yang kelak dikembangkan di atas lahan tersebut. 

Namun, ia memastikan, konsep pengembangannya tidak akan jauh berbeda dari Rusunami Klapa Village di Pondok Kelapa, Jakarta Timur, yang kini tengah dibangun. "Belum hitung, belum sampai tahap perencanaan. Karena tanahnya masih kita jajaki," tuntas Yoory. (Dani Prabowo)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "DKI Incar Pulogebang dan Cilangkap, Lokasi Proyek Rusunami DP 0 Rupiah"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru