Dua ikon pariwisata Lampung menjadi andalan datangkan wisatawan

Jumat, 10 Agustus 2018 | 10:00 WIB   Reporter: Jane Aprilyani
Dua ikon pariwisata Lampung menjadi andalan datangkan wisatawan

ILUSTRASI. Menteri Pariwisata Arief Yahya


INDUSTRI PARIWISATA - JAKARTA. Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan Lampung merupakan provinsi kedua di Indonesia, setelah Sulawesi Utara, yang memiliki pertumbuhan wisman tertinggi yaitu 58%. 

Pesona alam Lampung, khususnya dua ikonik yaitu Krakatau dan Krui ikut mendorong peningkatan jumlah wisman yang tahun ini ditargetkan 275.000 kunjungan wisman.

“Kunjungan wisman tahun 2016 sebanyak 155.053, tahun 2017 meningkat menjadi 245.372 kunjungan. Melonjaknya kunjungan wisman tersebut antara lain karena dipicu oleh dua ikon pariwisata yang mendunia yaitu Gunung Krakatau dan Pantai Krui sebagai world class surfing destination,” kata Arief Yahya, dalam siaran persnya, Jumat (10/8).

Arief mengatakan, Lampung memiliki empat daerah yang potensial untuk dikembangkan sebagai destinasi dengan atraksi unggulan berkelas dunia (world class), yaitu Kabupaten Pesisir Barat (Pantai Tanjung Setia atraksi Lumba-lumba, Krui sebagai surfing kelas dunia, dan Air Terjun Way Karang).

Selanjutnya, di Kota Bandar Lampung (Taman Bumi Kedaton, Taman Wisata, Water Park, dan Atraksi gajah). Kabupaten Lampung Barat (Taman Nasional Bukit Barisan Selatan dengan atraksi orangutan, air terjun, dan danau), dan Kabupaten Lampung Selatan (atraksi Gunung Krakatau).

Lampung tahun ini memiliki 53 event atau meningkat hampir dua kali lipat dibandingkan tahun 2017 sebanyak 31 event. Dari 53 event yang digelar, satu event yakni Lampung Krakatau Festival (LKF) 2018 masuk dalam Top 100 CoE Nasional. 

Pagelaran ini akan digelar di dua lokasi yaitu Kota Bandar Lampung dan Kabupaten Lampung Selatan pada 24-26 Agustus mendatang. Target pengunjung sebanyak 30 ribu wisatawan (5.000 wisman dan 25.000 wisnus).  

Selain itu Lampung juga memiliki 5 event unggulan yaitu Krui Surf Fest (15 – 20 April), Festival Teluk Stabas (16 April), Festival Skala Brak (10 - 12 Juli), Festival Way Kambas (10 – 22  November), dan Festival Pahawang (minggu ke-4 November). 

Dari penyelenggaraan event tersebut diharapkan kunjungan wisatawan ke Lampung meningkat sehingga target kunjungan 275 ribu wisman dan 12 juta pergerakan wisatawan nusantara (wisnus) tahun ini tercapai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru