kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

GINSI minta pemerintah evaluasi kinerja Krakatau Steel (KS)


Senin, 20 September 2021 / 21:39 WIB
GINSI minta pemerintah evaluasi kinerja Krakatau Steel (KS)
ILUSTRASI. Ekspor perdana produk baja Krakatau Steel pada 2021 melalui pelabuhan Krakatau Bandar Samudera, Cilegon, Banten.


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Gabungan Importir Nasional Seluruh Indonesia (GINSI) mendesak Pemerintah RI mengevaluasi kinerja dan manajemen Krakatau Steel (KS) yang selama ini telah diberikan fasilitas oleh negara namun belum mampu menyiapkan seluruh kebutuhan bahan baku baja nasional.

Wakil Ketua Umum BPP GINSI Erwin Taufan mengatakan, KS sudah terlalu lama diberikan fasilitas oleh pemerintah seperti Kemudahan Impor Tujuan Ekspor (KITE) namun kinerjanya tidak terlihat.

"Bisa dibilang sekelas KS belum maksimal terhadap bisnisnya sampai saat ini meskipun aktivitas importasinya sudah di support negara. Anggota GINSI merasakan kinerja manajemen BUMN tersebut tertutup komunikasinya. Biasanya kami hanya diberi kesempatan berhubungan dengan agen-agen yang ditunjuk oleh KS itu sendiri," kata Taufan dalam keterangan resminya, Senin (20/9).

Baca Juga: Harga saham KRAS stagnan pada sesi pertama perdagangan bursa Kamis (16/9)

Dia mengungkapkan, fasilitas kuota importasi yang diberikan negara terhadap KS belum tentu termonitor dengan baik, sehingga rawan praktik penyelewengan.  Disisi lain, imbuhnya, industri lainnya seringkali mengalami kekurangan stok bahan baku baja dan tidak bisa di supply oleh KS.

"Para pelaku industri kadang untuk mendapatkan stok bahan baku dari KS susah, kita disuruh menunggu sampai kapan waktunya tidak jelas. Apalagi harganya juga belum tentu fairnes, ya kita pada akhirnya pilih melakukan importasi sendiri," ucap Taufan.

Dia menjelaskan, KS sejak awal didirikan agar Indonesia menjadi berdaulat di baja untuk kebutuhan baja disemua sektor dari pertahanan hingga rumah tangga. Namun, kenyataan jauh dari harapkan.

KS yang diharapkan menjadi supplier bahan baku baja nasional nyatanya sekarang hanya memproses bahan baku baja impor dan  bukan menghasilkan bahan baku baja untuk substitusi impor,  malah masuk ke segmen baja hilir yang akan mengimpit IKM baja nasional.

Taufan menambahkan, industri sektor baja sampai saat ini mengalami kekurangan dan kesulitan memperoleh bahan baku. Bahkan cenderung terjadi monopoli karena anggota GINSI tidak bisa langsung membeli ke KS tetapi harus melalui distributor/mitranya yang selisih harganya justru lebih mahal. Sehingga industri-industri kecil yang memerlukan bahan baku baja banyak memilih melakukan importasi sendiri.




TERBARU

[X]
×