H-2 Lebaran, tak ada contraflow di sepanjang Tol Jakarta-Cikampek

Senin, 03 Juni 2019 | 13:06 WIB Sumber: Kompas.com
H-2 Lebaran, tak ada contraflow di sepanjang Tol Jakarta-Cikampek


MUDIK LEBARAN - JAKARTA. Penerapan sistem contraflow di Tol Trans Jawa pada H-2 Hari Raya Idul Fitri, Senin (3/6), tidak dilakukan. Kepala Posko Operasi Ketupat 2019 Korlantas Polri Kombes (Pol) Bakharuddin Muhammad Syah mengatakan, sistem contraflow tidak dilakukan karena belum diperlukan. 

"Contraflow hari ini nihil, biasanya ada. Hari ini tidak diterapkan karena belum diperlukan," ujar Bakharuddin di Gedung Korlantas Polri, Jakarta Selatan, Senin (3/6). 

Dia menyebutkan, hingga kemarin, Minggu (2/6), contraflow diterapkan di Km 35 sampai Km 47, Cikampek, Jawa Barat. Contraflow sepanjang ruas tersebut, lanjutnya, dilakukan agar kendaraan yang berasal dari arah Bandung bisa masuk ke Tol Trans Jawa. 

"Dari kemarin contraflow diterapkan di Km 35 sampai 47 saja supaya kendaraan dari arah Bandung bisa masuk tol. Namun, hari ini enggak diperlukan karena tidak terjadi kepadatan," paparnya. 

Korlantas Polri, seperti diungkapkan Bakharuddin, terus memonitor dan mengarahkan petunjuk guna memantau kepadatan kendaraan pemudik, khususnya yang berasal dari Jakarta.  

Seperti diketahui, saat ini berlaku kombinasi dua rekayasa lalu lintas sekaligus dengan jarak yang sangat panjang, yaitu contraflow di Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Cikampek di titik awal KM 29 sampai dengan KM 70, yang terintegrasi langsung dengan one way di KM 70 Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama sampai dengan KM 414 GT Kalikangkung. (Christoforus Ristianto)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "H-2 Lebaran, Tak Ada "Contraflow" di Sepanjang Tol Jakarta-Cikampek"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tendi Mahadi

Terbaru