kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga minyak global kian menanjak, tak peduli cadangan minyak AS melonjak


Kamis, 04 Oktober 2018 / 07:19 WIB
Harga minyak global kian menanjak, tak peduli cadangan minyak AS melonjak
ILUSTRASI. Sumur minyak di AS.


Sumber: Reuters | Editor: Hasbi Maulana

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Minyak mentah Brent naik hampir 2% setelah mencapai tertinggi empat tahun pada hari Rabu (1/10). Pasar fokus pada sanksi AS yang akan datang pada Iran, sementara mengabaikan perkembangan mingguan terbesar stok minyak mentah AS dan laporan lebih tinggi Produksi Arab Saudi dan Rusia.

"Tidak ada masalah antara sini dan 4 November," kata Bob Yawger, direktur berjangka di Mizuho di New York, mengacu pada tanggal ketika sanksi AS berlaku penuh.

Persediaan minyak mentah AS melonjak 8 juta barel pekan lalu, empat kali lipat dari ekspektasi analis dan merupakan penambahan terbesar sejak Maret 2017, Administrasi Informasi Energi mengatakan.

Harga minyak mentah Brent naik US$ 1,49 (1,8%), menetap di US$ 86,29 per barel, setelah mencapai US$ 86,74 yang merupaan harga tertinggi sejak 30 Oktober 2014. 

Harga minyak mentah AS ditutup naik US$ 1,18 (1,6%) lebih tinggi pada US$ 76,41 per barel, setelah menyentuh sesi tertinggi $ 76,90.

Kedua harga patokan itu sempat turun sejenak setelah pemerintah AS merilis angka cadangan, tapi kemudian melanjutkan pendakian mereka. "Komunitas spekulatif mengambil kesempatan untuk membeli di atas," kata Yawger.

Pada awal sesi, minyak mentah tertekan lebih rendah karena Menteri Energi Saudi, Khalid al-Falih mengatakan, kerajaan itu telah meningkatkan produksi menjadi 10,7 juta barel per hari pada Oktober dan akan memompa lebih banyak pada November. Rekor tertinggi untuk output Saudi adalah 10,72 juta bpd pada November 2016.

Rusia dan Arab Saudi mencapai kesepakatan pada September untuk meningkatkan produksi minyak dalam rangka mendinginkan kenaikan harga dan memberi tahu Amerika Serikat sebelum pertemuan di Aljazair dengan produsen lain, empat sumber yang akrab dengan rencana itu kepada Reuters.

Iran, bagaimanapun, menuduh Arab Saudi dan Rusia melanggar kesepakatan OPEC tentang pengurangan produksi dengan memproduksi lebih banyak minyak mentah.

Organisasi Negara Pengekspor Minyak dan sekutunya telah membatasi pasokan sejak 2017 untuk menyingkirkan kelebihan. Mereka mengurangi sebagian pemotongan pada bulan Juni, di bawah tekanan dari Presiden AS Donald Trump untuk mendinginkan harga.

Seorang analis mengatakan rencana Saudi untuk memompa lebih banyak tidak akan banyak berubah.

"Saudi masih sangat pemalu, pasar ingin melihat sesuatu yang lebih proaktif," kata analis Petromatrix, Olivier Jakob. "Itulah sebabnya pasar tidak bereaksi terlalu banyak terhadap berita utama yang berbeda."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×