Berita Bisnis

Hingga Pertengahan Juni Waskita Beton (WSBP) Raih Kontrak Rp 2,39 triliun

Sabtu, 22 Juni 2019 | 07:50 WIB
Hingga Pertengahan Juni Waskita Beton (WSBP) Raih Kontrak Rp 2,39 triliun

Reporter: Sugeng Adji Soenarso | Editor: Tedy Gumilar

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Waskita Beton Precast Tbk (WSBP) mengantongi kontak baru sebesar Rp 2,39 triliun hingga pertengahan Juni ini. Adapun untuk sepanjang 2019 emiten anggota indeks Kompas100 ini, menargetkan kontrak baru sebesar Rp 10,39 triliun.

Jarot Subana, Direktur Utama WSBP, mengungkapkan, hingga saat ini pihaknya telah mendapatkan beberapa proyek besar seperti proyek Tol Cibitung–Cilincing, Cimanggis–Cibitung, Pantai Indah Kapuk (PIK) 2, Jakarta–Cikampek II, Bogor–Ciawi, dan Sukabumi Seksi II. "Nilai kontrak baru hingga pertengahan Juni Rp 2,39 triliun," ungkapnya kepada KONTAN, Jumat (21/6).

Pencapaian ini menurun jika dibandingkan dengan nilai kontrak baru yang diraih Waskita Beton hingga Mei tahun lalu. Adapun hingga Mei 2018, nilai kontrak baru yang diraih WSBP sebesar Rp 2,78 triliun.

Sepanjang tahun ini manajeman Waskita Beton membidik nilai kontrak baru hingga Rp 10,39 triliun. Dari catatan KONTAN, WSBP masih optimistis sepanjang semester II-2019 mampu meraih kontrak baru senilai Rp 5 triliun.

Sementara untuk progres proyek-proyek yang tengah digarap, Jarot menuturkan, saat ini rata-rata pengerjaan mencapai 74,3%. Jarot menyebutkan, proyek-proyek yang sedang digeber penyelesaiannya itu, antara lain ruas tol Krian-Legundi-Bunder-Manyar (KLBM) di Jawa Timur.

Yang terang, jalan bebas hambatan ini dibangun sepanjang 38,29 kilometer (km) dengan proyeksi investasi sebesar Rp 12,22 triliun. Perkiraan awal, tol yang dibangun untuk mengurai kemacetan dan memperlancar arus logistik nasional ini beroperasi pada akhir Juli 2019.

WSPB juga tengah menyelesaikan pembangunan tol Bekasi Cawang Kampung Melayu (Becakayu) seksi I, tol Cibitung–Cilincing, tol Cimanggis–Cibitung (CCTW) seksi II, tol Depok-Antasari, dan tol Kayu Agung-Betung.

Di luar itu, Jarot menambahkan, masih ada dua proyek tol lainnya yang sedang dituntaskan perusahaan. "Ada tol PIK 2 dan Jembatan Patimban," sebutnya.

Nah, dari proyek-proyek utama yang sedang digarap tersebut, Waskita Beton hingga kuartal pertama tahun ini telah menggelontorkan dana belanja modal sebesar Rp 1,81 triliun. "Lebih jelasnya, dana tersebut untuk proyek tol KBLM dan tol Cimanggis–Cibitung," rinci Jarot.

Terbaru