kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini 8 nama yang lolos seleksi administrasi calon dirjen migas kementerian ESDM


Rabu, 05 Agustus 2020 / 15:44 WIB
Ini 8 nama yang lolos seleksi administrasi calon dirjen migas kementerian ESDM
ILUSTRASI. Gedung Kementerian ESDM


Reporter: Filemon Agung | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sebanyak delapan kandidat dikabarkan lolos dalam proses seleksi administrasi untuk posisi Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Merujuk data yang diterima Kontan.co.id, kedelapan nama tersebut yakni:

1. Ir.Agus Cahyono Adi MT
2. Alimuddin Baso ST,MAB
3. Dr.Ir.Eko Budi Lelono
4. Ir.Harya Adityawarman
5. Muhammad Ibnu Fajar ST,MSi
6. Dr.Ir. Patuan Alfon Simanjuntak MM,MKKK
7. Prahoro Yulijanto PhD
8. Prof.Ir.Tutuka Ariadji MSc,PhD

Direktur BBM BPH Migas Kementerian ESDM Patuan Alfon Simanjuntak, salah satu kandidat yang dikabarkan lolos seleksi, enggan berkomentar banyak soal proses seleksi yang tengah berlangsung.

"Saya cuma coba melakukan yang terbaik," ujar Alfon singkat kepada Kontan.co.id, Rabu (5/8).

Baca Juga: ESDM buka lowongan jabatan dirjen migas, berikut tantangan yang bakal dihadapinya

Asal tahu saja, saat ini posisi Dirjen Migas masih diisi Ego Syahrial sebagai pelaksana tugas yang juga merupakan Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM.

Sebelumnya, Ego mengatakan, saat ini proses seleksi masih berlangsung. "Paling cepat Agustus, saat ini proses sedang berlangsung," ujar Ego di Kementerian ESDM, Rabu (24/6).

Sekadar informasi, jabatan Dirjen Migas Kementerian ESDM lowong sejak Juli 2019. Terakhir kali jabatan Dirjen Migas dipegang Djoko Siswanto sebelum dicopot oleh Menteri ESDM Ignasius Jonan saat itu.

Djoko kemudian dipindah ke Dewan Energi Nasional menjadi Sekjen. Kemudian Jonan mengadakan seleksi Dirjen Migas dan ada beberapa yang sudah lolos seleksi.

Salah satunya adalah Andiani yang kini menjabat sebagai Kepala Pusat Air Tanah dan Geologi Tata Lingkungan Badan Geologi Kementerian ESDM. Kandidat berikut adalah Kepala Biro Fasilitasi Penanggulangan Krisis dan Pengawasan Energi di Dewan Energi Nasional (DEN), Ediar Usman.

Dua nama lainnya yang juga lolos seleksi yakni Patuan Alfon Simanjuntak yang kini menjabat Direktur BBM BPH Migas serta Setyorini Tri Hutami yang merupakan Kepala Pusat Lemigas.

Namun, Jonan tak lagi menjabat sebagai Menteri ESDM di kabinet baru, sehingga nama-nama yang sudah lolos seleksi itu tak dianggap.

Lalu pada masa periode kedua, Presiden Jokowi memilih Arifin Tasrif sebagai Menteri ESDM dan pada Januari 2020 lalu jabatan Plt Dirjen Migas ditiadakan. Arifin kemudian menyiapkan seleksi terbuka Dirjen Migas dan pada Mei 2020 ini pendaftaran dibuka.

Baca Juga: Kepastian posisi dirjen migas dan minerba Kementerian ESDM paling cepat Agustus

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×