Inikah penyebab Alfamart paling banyak dirampok

Kamis, 02 Juli 2015 | 23:04 WIB Sumber: Kompas.com
Inikah penyebab Alfamart paling banyak dirampok


JAKARTA. Alfamart dan Alfamidi menjadi minimarket yang paling banyak dirampok selama bulan Juni 2015. Dari 15 perampokan yang terjadi, 10 di antaranya terjadi di Alfamart dan empat di Alfamidi.

Menurut Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Mohammad Iqbal, hal ini diduga karena Alfamart tidak memiliki sistem komunikasi yang baik antartoko. Jadi, bila terjadi perampokan di sebuah toko, maka toko lainnya di daerah yang sama tidak mengetahuinya.

"Makanya pelaku bisa melakukan perampokan berantai dari satu toko ke toko lainnya dalam waktu singkat," kata Iqbal di Mapolda Metro Jaya, Kamis (2/7/2015).

Iqbal menilai, seharusnya pengelola minimarket saling berkomunikasi dengan pengelola minimarket lain yang letaknya berdekatan. Maka, bila terjadi perampokan di suatu minimarket, pengelola minimarket lainnya segera mengetahui dan memperketat pengamanannya.

Hal ini demi memutus perampokan yang dilakukan berantai sehingga korban dan kerugian bisa diperkecil. "Bila sebuah minimarket tahu ada minimarket lainnya yang dirampok, bisa saja mereka menutup toko atau cara lainnya," kata dia.

Menurut Iqbal, sampai saat ini perampok minimarket yang belum bisa ditangkap masih bisa merampok secara berantai untuk beberapa minimarket yang berdekatan.

Selain itu, Iqbal juga menilai sistem keamanan di Alfamart atapun Alfamidi tidak terlalu baik. Maka, ia pun menyarankan kepada pengelola toko untuk meningkatkan sistem keamanannya.

"Sistem pengamanannya ini yang perlu ditingkatkan. Bisa juga mereka (pihak minimarket) mengadakan patroli per area atau wilayah atau bisa juga menyewa jasa sekuriti," ujar Iqbal.

Namun, kata dia, semakin lama kecenderungan minimarket untuk menyimpan uang dalam jumlah banyak mulai berkurang. Hal itu terbukti dengan menurunnya total kerugian minimarket dalam beberapa waktu terakhir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Hendra Gunawan

Terbaru