kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Inilah saham LQ45 yang mencetak untung gede


Jumat, 04 Juli 2014 / 04:32 WIB
Inilah saham LQ45 yang mencetak untung gede
ILUSTRASI. Manfaat tomat untuk kesehatan.


Reporter: Annisa Aninditya Wibawa | Editor: Sandy Baskoro

JAKARTA. Dengan volatilitas tinggi, pasar saham domestik bergerak dalam tren menguat selama paruh pertama tahun ini. Sejak awal tahun hingga kemarin (year to date/ytd), Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) sudah tumbuh 14,38%. Sejumlah efek yang masuk kelompok LQ45 turut berandil mengangkat pasar saham lokal. Maklumlah, perdagangan saham LQ45 terbilang likuid dan menyumbang bobot cukup berat bagi IHSG.

Saham emiten LQ45 yang berbasis konstruksi mendominasi 10 besar pemberi return menawan selama enam bulan pertama tahun ini. Mereka adalah Adhi Karya (ADHI), Waskita Karya (WSKT), Wijaya Karya (WIKA) dan PP (PTPP). Keempat emiten konstruksi itu mencatatkan rata-rata return 63%. Dari 10 emiten, pencetak untung tertinggi adalah Multipolar (MLPL), yakni 99%.

Analis First Asia Capital David Sutyanto melihat, saham MLPL naik tinggi karena ada aksi penjualan Matahari Department Store (LPPF) sebesar Rp 1,39 triliun. Ini menyebabkan laba MLPL di 2013 melonjak berlipat ganda menjadi Rp 1,41 triliun. Di 2012, MLPL hanya mengantongi laba Rp 28,63 miliar. Dari sisi kinerja operasional, David melihat MLPL masih berpotensi berkembang.

Kepala Riset Asjaya Indosurya Securities William Surya Wijaya mengatakan, fokus MLPL yang bergerak di ritel dan penyedia jasa cukup bagus. Apalagi, kebutuhan terhadap sektor itu terus tumbuh. Tapi William melihat ke depannya harga saham MLPL cenderung stabil.

Terkait dominasi saham konstruksi, David berpendapat ada ekspektasi pasar yang sangat tinggi pada sektor ini. Padahal konstruksi masih terganjal tingginya suku bunga. Dia pun memperkirakan, sektor konstruksi bakal sedikit koreksi pada tahun ini.

Kepala Riset Batavia Prosperindo Sekuritas Andy Ferdinand memprediksi, pergerakan saham LQ45 sangat tergantung pada hasil pemilu presiden 9 Juli 2014. Meski begitu, sektor infrastruktur tetap berkembang. Pasalnya dua pasangan calon presiden dan calon wakil presiden berjanji akan mengembangkan infrastruktur.

Secara umum, Andy menyebut ada beberapa faktor yang mempengaruhi pergerakan saham di bursa domestik. Misalnya The Federal Reserve (The Fed) yang diprediksi akan menaikkan suku bunga. Jika bunga The Fed naik, maka bunga acuan Bank Indonesia (BI rate) bakal sulit turun banyak. Sehingga tahun depan tingkat bunga diperkirakan relatif tinggi. "Kalau lihat seperti ini, saham yang bagus adalah yang bisa menghadapi suku bunga tinggi dan rupiah yang lemah," ujar dia.

Investor bisa mengandalkan saham berbasis konsumsi dalam negeri. Andy memperkirakan, sektor konsumer masih bagus sampai tahun depan. Dia melihat saham menarik antara lain INDF dengan target Rp 8.200, ICBP Rp 10.700. Dari sektor infrastruktur, WIKA patut dikoleksi dengan target Rp 2.600 dan SMGR di level Rp 17.000. Di sektor perbankan, Andy merekomendasikan BMRI dengan target Rp 10.700.

Sedangkan William merekomendasikan ASII dengan target Rp 8.200 dan UNVR di level Rp 34.000. Kemudian, saham BBNI di Rp 5.600, BBCA pada Rp 12.500 serta BBRI di Rp 12.000.

David masih yakin dengan pertumbuhan sejumlah emiten konstruksi BUMN. Dia merekomendasikan WIKA, ADHI dan PTPP. Prospek konstruksi merembet ke sektor properti. Kata David, saham properti yang menarik antara lain SMRA, BSDE, dan LPKR.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×