Jalan Gubeng ambles diduga akibat adanya proyek konstruksi

Rabu, 19 Desember 2018 | 01:39 WIB Sumber: TribunNews.com
Jalan Gubeng ambles diduga akibat adanya proyek konstruksi

ILUSTRASI. Jalan Raya Gubeng Surabaya Ambles


KECELAKAAN - SURABAYA. Pada Selasa (18/12) malam sekitar pukul 23.00 WIB, Jalan Gubeng Surabaya ambles. Diperkirakan ruas jalan Gubeng Surabaya yang ambles sekitar lebarnya 50 meter dengan kedalaman 10 meter.

Dugaan sementara, menurut Kepala Bappeko Surabaya Eri Cahyadi, jalan Gubeng yang ambles karena kesalahan proses konstruksi yang dinilai menyalahi aturan. Lokasinya ada di belakang gedung RS Siloam dan di depan Gedung Elizabeth.

"Diduga dinding penahannya dari proyek basemennya tidak kuat. Kita ada gambar terakhir dari pengerjaan proyek itu, di gambar laporan itu dinding penahan yang berlubang," kata Eri yang diwawancara di lokasi.

Padahal seharusnya, dinding penahan itu tidak boleh berlubang betonnya. Melainkan harus rapat dan padat.

Lubang jarak di dinding penahan itu yang diduga kuat menjadi penyebab amblesnya jalan raya gubeng.

"Dari empat sisi dinding penahan basemennya itu, kurang satu sisi yang belum dikerjakan. Itu yang membuat longsong sampai ke jalan, tanah jalan itu ke tarik," kata Eri.

Kepala Bidang Linmas Kota Surabaya Yusuf Masrukh mengatakan, kejadian amblesnya Jalan Raya Gubeng, bukan karena gempa atau pergerakan teknonik.

Ia mengatakan, amblesnya Jalan Raya Gubeng, ini disebabkan karena pergerakan tanah akibat pengerjaan proyek basemen RS Siloam yang menyalahi prosedur.

"Bukan, bukan karena ada pergerakan tektonik aeperti gempa, tapinya karena pengerjaan proyek basemennya Siloam," kaya Yusuf di lokasi kejadian kepada TribunJatim.com .

Lokasi proyek basemen yang ada di sisi selatan RS Siloam eksisting ini tidak kuat pada pengerjaan dinding penahannya yang menyebabkan tanah di sekitarnya ambles yang dalam hal ini Jalan Raya Gubeng.

"Sejauh ini belum dipastikan ada korban atau tidak. Kita masih mencari dan belum bisa memastikan. Semoga tidak ada korban," kata Yusuf kepada TribunJatim.com.

Sejumlah alat teknis sudah siap diposisikan di lokasi jalan yang ambles. Sebanyak empat unit mobil PMK standby di lapangan dan memberikan penerangan di lokasi amblesnya Jalan Raya Gubeng.

Artikel ini telah tayang di tribunkaltim.co dengan judul Jalan Gubeng Surabaya Ambles, Diduga Dinding Penahan Proyek Basement Tidak Kuat, Begini Analisanya, 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru