kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jalan tol Cijago seksi II dibuka fungsional selama 8 hari untuk perlancar arus mudik


Minggu, 02 Juni 2019 / 05:08 WIB
Jalan tol Cijago seksi II dibuka fungsional selama 8 hari untuk perlancar arus mudik


Reporter: Handoyo | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan membuka ruas jalan tol Cinere - Jagorawi Seksi II (Raya Bogor - Kukusan) sepanjang 5,5 Km dapat dilalui fungsional. 

Hal tersebut dilakukan Untuk mendukung kelancaran arus mudik lebaran tahun 2019 khususnya di wilayah Jawa Barat. Pemberlakuan kebijakan tersebut akan dimulai tanggal 3 Juni 2019 pukul 14.00 WIB sampai dengan tanggal 10 Juni 2019 pukul 14.00 WIB. 

Dibukanya Tol Cijago Seksi II yang merupakan bagian jalan tol Jakarta Outer Ring Road 2 (JORR 2) akan terhubung dengan ruas tol Cijago Seksi I (Jagorawi – Raya Bogor) sepanjang 3,7 Km yang beroperasi dengan tarif Rp 4.500 (golongan I).

Selama Tol Cijago Seksi II dibuka fungsional ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Untuk pergerakan lalu lintas kendaraan dari arah Jagorawi menuju ke arah Margonda dan Kukusan, maka transaksi pembayaran dilakukan di  Gerbang Tol (GT) keluar (off ramp pay), yaitu di GT Cisalak 2 (eksisting), GT Margonda 2 dan GT Kukusan 2.

Selanjutnya, untuk arah sebaliknya, dari arah Kukusan dan Margonda yang akan menuju arah Jagorawi, maka transaksi dilakukan di GT masuk (on ramp pay), yaitu di GT Kukusan 1, GT Margonda 1, dan GT Cisalak 1 serta GT Cisalak 3. 

Khusus untuk GT Cisalak 4 dan GT Margonda 3 yang melayani lalu lintas arah Raya Bogor menuju Kukusan dan Margonda 1 (off ramp) dan GT Cisalak 3 (off ramp) tidak difungsikan.

Hal ini dilakukan sebagai upaya dalam memperhatikan keutamaan pelayanan lalu lintas jarak jauh, sehingga pada Seksi Raya Bogor – Kukusan ini belum dikenakan tarif tol (gratis).

Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR bersama PT Translingkar Kita Jaya memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat pengguna jalan tol khususnya pada aspek keselamatan  terhadap jalan tol yang di fungsionalkan pada ruas Cinere - Jagorawi Seksi II (Raya Bogor - Kukusan). 

Upaya yang dilakukan yaitu dilakukan pemasangan marka jalan, rambu lalu lintas, reflektor jalan tol yang memadai, serta petugas yang berjaga selama jalan tol ini beroperasi secara fungsional saat arus mudik lebaran. Selain itu, juga telah dilakukan koordinasi bersama Korlantas Polri dalam menjaga keamanan dan kelancaran arus kendaraan di jalan tol ini.

Pembangunan Tol Cijago sepanjang 14,64 Km oleh PT Translingkar Kita Jaya terbagi menjadi tiga seksi. Tol Cijago Seksi I dimulai dari interchange Jagorawi hingga ke Jalan Raya Bogor, Seksi II dimulai dari Jalan Raya Bogor hingga Kukusan, dan Seksi III Kukusan ke Cinere.

Bila Seksi I dan II sudah tersambung dan sudah operasional akan mempersingkat jarak dan waktu kendaraan dari Jagorawi menuju ke Kota Jakarta dan Depok. Selain itu nantinya kehadiran jalan tol ini akan mengurai kemacetan yang sering terjadi pada Jalan Margonda, Jalan Juanda, kawasan Kukusan, dan Jalan Raya Bogor menuju ke Jagorawi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×