Jalan tol Manado-Bitung akan difungsionalkan selama libur natal dan tahun baru 2019

Selasa, 18 Desember 2018 | 17:42 WIB   Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk
Jalan tol Manado-Bitung akan difungsionalkan selama libur natal dan tahun baru 2019

ILUSTRASI. Pembangunan Proyek Jalan Tol Manado-Bitung


JALAN TOL - JAKARTA. Kabar gembira bagi masyarakat Sulawesi Utara. Jalan tol Menado-Bitung bisa dilewati selama masa angkutan Natal 2018 dan tahun baru 2019. Sekitar 16 kilometer (km) dari jalan bebas hambatan tersebut akan beroperasi secara fungsional.

Surbakti Syukur, Direktur Operasional Jasa Marga mengatakan, Tol Manado-Bitung yang akan dioperasikan akan menghubungan wilayah Sukur Kecamatan Airmadidi ke Danowudu kecamatan Rawowulu. "Segmen yang beroperasi sepanjang 16 km ini merupakan bagian yang dikerjakan oleh pemerintah. Ini akan difungsionalkan selama libur Natal dan tahun baru," kata Surbakti, Selasa (18/12).

Surbakti mengungkapkan, operasional jalan tol untuk angkutan Natal dan Tahun baru yang dimiliki Jasa Marga ditetapkan selama 12 hari yakni mulai 21 Desember 2018 sampai 1 Januari 2019.

Jalan Tol Manado-Bitung memiliki panjang 40 kilometer (km) yang terdiri dari empat seksi. Dua seksi digarap oleh PT Jasamarga Manadi bitung (JMB) yakni seksi 2A dan seksi 2B. Sedangkan dua seksi lainnya dikerjakan oleh pemerintah yakni 1A sepanjang 7,9 km dan seksi 1B sepanjang 7 km.

Pembangunan jalan tol Manado-Bitung menelan investasi sekitar Rp 6,7 triliun. Bila seluruh ruas ini beroperasi amkan akan memangkas jarak tempuh Manado menuju Bitung dari semula 90 menit hingga 120 menit menjadi 45 menit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru