kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,47   7,12   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jangan sampai kena PHP, peminat Raize dan Rocky ramai


Kamis, 22 April 2021 / 06:41 WIB
Jangan sampai kena PHP, peminat Raize dan Rocky ramai
ILUSTRASI. Toyota Raize dan Daihatsu Rocky dipastikan mendapat diskon pajak lantaran memenuhi syarat dengan komponen lokal minimal 70 persen.


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sejak Maret hingga Mei 2021, relaksasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) sebesar 100 persen untuk mobil berkapasitas di bawah 1.500 cc telah berlaku. Meski belum meluncur, Toyota Raize dan Daihatsu Rocky dipastikan mendapat diskon pajak lantaran memenuhi syarat dengan komponen lokal minimal 70 persen. 

Kondisi ini sontak membuat sejumlah calon konsumen di Indonesia mulai bermunculan. Apalagi, setelah meluncur di Jepang, Raize jadi salah satu model terlaris di sana.  

Namun, menurut sejumlah pramuniaga, hanya ada segelintir Raize dan Rocky yang bisa dibeli konsumen pada periode diskon PPnBM 100 persen.

“Untuk Raize saat ini pemesanan sudah dibuka, bahkan sudah dari sebelum IIMS,” ujar salah satu tenaga penjual Toyota di ajang IIMS Hybrid 2021, kepada Kompas.com (20/4/2021). 

Baca Juga: Toyota Raize siap meluncur, intip fiturnya yang serba canggih

“Tapi kalau mau dapat diskon PPnBM harus cepat-cepat, infonya cuma ada sekitar 200-an unit yang tersedia untuk relaksasi tahap pertama ini. Peminat Raze juga lumayan, di pameran ini sudah ada yang pesan 3 unit,” kata dia. 

Sementara itu, salah satu tenaga penjual Daihatsu mengatakan, bahwa Rocky diperkirakan bakal meluncur pada akhir April ini atau awal Mei 2021. 

Jangan sampai para calon konsumen Raize dan Rocky ini kena istilah pemberi harapan palsu (PHP) karena mengejar insentif pajak besar.

“Harganya start dari kisaran Rp 180 jutaan sampai Rp 200 jutaan, yang pesan lumayan banyak, karena biar dapat diskon PPnBM,” ucap pramuniaga tersebut, kepada Kompas.com pada kesempatan yang sama. 

Baca Juga: Toyota Raize siap meluncur di Indonesia, berikut kisaran harganya

“Kalau sudah melewati kuota awal, nanti akan diberikan pada periode berikutnya dengan diskon PPnBM 50 persen,” katanya. 

Sebelumnya, Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor Anton Jimmi Suwandy, mengatakan, pihaknya telah memastikan peluncuran Raize.

"Seperti yang saya bilang sebelumnya, untuk Raize tak perlu khawatir. Pastinya tidak ada kendala soal persiapan, dan sudah didaftarkan oleh Astra Daihatsu Motor (ADM) untuk mendapatkan PPnBM ke pemerintah," ucap Anton, dalam konferensi virtual (15/4/2021). 

"Untuk waktunya mohon maaf, belum bisa kami sampaikan karena memang masih ada beberapa persiapan-persiapan. Tapi yang pasti tidak ada kendala soal Raize, jadi tinggal ditunggu saja tanggal baiknya," kata dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Peminat Raize dan Rocky Ramai, Jangan Sampai Kena PHP"
Penulis : Dio Dananjaya
Editor : Agung Kurniawan

Selanjutnya: Banyak spekulasi, ini jawaban Toyota soal waktu peluncuran Raize di Indonesia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×