Jelang Natal, tiket pesawat ke Manado naik 100%

Kamis, 08 Desember 2016 | 11:20 WIB Sumber: Antara
Jelang Natal, tiket pesawat ke Manado naik 100%


JAKARTA. Jelang Natal dan Tahun Baru harga tiket pesawat tujuan Manado Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

"Harga tiket pesawat tujuan Manado melonjak tinggi jelang perayaan Natal. Meskipun mengalami kenaikan hingga 100 %, tiket tersebut tetap dibeli konsumen," kata Manager Pesona Asmat Tours and Travel David Rambing di Manado, Kamis (8/12).

Dia mengatakan, pergerakan harga tiket pesawat menjelang Natal dan dan Tahun Baru selalu mengalami kenaikan yang disebabkan permintaannya banyak.

"Setiap tahun memang harga tiket memang naik, itu kira-kira 50 % sampai 100 % jika kita membandingkan dengan hari biasa. Tapi sewaktu-waktu harga tiket bisa berubah,” kata David.

Menurut dia, lonjakan harga tiket tersebut rata-rata terjadi mendekati perayaaan Natal 25 Desember 2016.

Dia memberikan contoh, di hari biasa penerbangan dari Cengkareng tujuan Manado dengan Batik Air hanya sekira Rp1,1 jutaan tapi pada 23 Desember mencapai Rp2,5 jutaan. Lion Air dari Rp1,1 menjadi Rp1,8 jutaan, Sedangkan Garuda dari Rp1,2 jutaan dapat menjadi Rp2,5 jutaan.

"Memang H-3 sampai H-2 menjelang Natal harga tiket akan naik gila-gilaan," paparnya.

Sementara itu harga tiket dari dari Papua tujuan Manado pada tanggal 23 Desember juga mengalami kenaikan. Dari Jayapura misalnya dengan Lion Air dari sebelumnya hanya Rp2 jutaan dapat menjadi Rp4 jutaan. Sriwijaya Air dari Rp3 jutaan bisa menjadi Rp4 jutaan.

Sedangkan dari Timika dari Rp2 jutaan dapat menjadi Rp4 jutaan. Kemudian dari Manokwari dari Rp1 jutaan dapat menjadi Rp3 sampai 4 jutaan.

Meskipun demikian, dia mengatakan tingginya harga tiket terebut tetap akan dibeli konsumen demi pulang kampung merayakan Natal atau liburan bersama keluarga.

"Biarpun mahal tetap akan dibeli, itupun kalau masih ada seat yang tersedia. Karena biasanya pesawat terisi penuh saat Natal,” paparnya Ketua Association of the Indonesian Tours & Travel Agencies (ASITA) Sulut Freddy Walandouw menilai, kenaikan harga tiket saat ini cukup kompetitif karena pertumbuhan penerbangan dari dan ke Manado terus terjadi.

"Saya kira persaingan airlines saat ini cukup baik, di beberapa daerah ada penambahan penerbangan karena itu harga tiketnya cukup bersaing," jelasnya.

Akan tetapi, kata dia, dalam sepekan ke depan harga tiket masih bisa terjangkau oleh calon penumpang, sebab pergerakannya belum naik secara signifikan.

Namum diakuinya mendekati Natal harga tiket akan mengalami kenaikan. Namun kenaikan tersebut masih bisa dijangkau konsumen. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru