Jika Pertalite dan Premium dihapus, ini dia bensin paling murah

Kamis, 02 Juli 2020 | 08:45 WIB Sumber: KONTAN.co.id
Jika Pertalite dan Premium dihapus, ini dia bensin paling murah

ILUSTRASI. Jika pertalite dan premium dihapus, bensin apa yang paling murah? Foto: KONTAN/Baihaki


SPBU SWASTA - JAKARTA.  Kabar  pemerintah akan menghapus pertalite dan premium semakin gencar. Hal ini berkaitan dengan adanya peraturan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Peraturan tersebut menyinggung adanya masalah oktan yang ada di dalam kandungan pertalite dan premium.

Tentunya masyarakat ikut resah karena produk dari Pertamina ini mudah ditemui di setia daerah. Sebagai salah satu produsen bensin terbesar di Indonesia, mewacanakan pembaruan produknya dengan menyesuaikan kandungan oktan sesuai dengan peraturan KLHK.

Baca Juga: Premium dan Pertalite dihapus, Pengamat: Harus ada subsidi bagi angkutan transportasi

Pertamina hanya salah satu perusahaan yang menyediakan bahan bakar kendaraan bermotor ini. Perusahaan swasta lain ikut meramaikan bisnis Saluran Pendistribusian Bahan Bakar Umum (SPBU) di tanah air. Tentunya terdapat berbagai pilihan merek dari perusahaan swasta. 

Produsen pertama yakni, Royal Dutch Shell atau masyarakat mengenalnya dengan Shell merupakan perusahaan asli Belanda, dilansir dari laman resmi Shell Indonesia, SPBU Shell telah memiliki 114 unit yang tersebar di Pulau Sumatera dan sebagian daerah pulau Jawa.

Produsen berikutnya adalah Total Indonesia yang merupakan perusahaan asal Perancis. Dilansir dari laman resmi Total Indonesia, Total hingga kini telah memiliki SPBU sebanyak 18 unit yang tersebar di daerah DKI Jakarta dan Bandung.

Lalu ada Vivo, perusahaan yang berasal dari Belanda. Sebelum berdiri ditahun 2017, Vivo sempat dilarang mendirikan SPBU karena perbedaan nama perusahaan. Dilansir dari laman resmi facebook VIVO, jumlah SPBU telah tersebar di daerah DKI Jakarta dengan jumlah 5 unit.

Ada lagi BP-AKR. BP-AKR merupakan perusahaan yang dihasilkan atas kesepakatan Joint-venture. Kesepakatan tersebut merupakan kesepakata dari perusahaan asal Inggris, BP merupakan British Petroleum dengan AKR yakni Aneka Kimia Raya yang berasal dari Indonesia.

Baca Juga: Catat lagi, ini daftar harga BBM non subsidi bulan Juli di sejumlah SPBU

Dilansir dari laman resmi AKR, kini jumlah SPBU BP-AKR telah mencapai 15 unit yang tersebar di DKI Jakarta, Tangerang, Bekasi dan Surabaya.

Empat produsen swasta tersebut memiliki beragam keunggulan masing-masing. Walaupun jenisnya beragam,harga tidak jauh beda satu dengan yang lain karena ada aturan Kepmen ESDM No. 62.K/12/MEM/2020. 

Nah, andaikata saat ini Pertalite dan Premium jadi dihapus, bensin produksi perusahaan mana yang paling murah? Ternyata bukan besin Pertamina lagi. 

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru