Jokowi sambangi proyek padat karya di Gowa

Kamis, 15 Februari 2018 | 14:40 WIB   Reporter: Sinar Putri S.Utami
Jokowi sambangi proyek padat karya di Gowa

Jokowi kunjungi program Padat Karya Tunai di Gowa


INFRASTRUKTUR DAERAH - JAKARTA. Presiden Joko Widodo meninjau pelaksanaan padat karya tunai untuk pembangunan jalan produksi dan saluran irigasi di Desa Panyangkalang, Kecamatan Bajeng, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan pada Kamis (15/2).

Didampingi Menteri PU dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Presiden melihat langsung kegiatan padat karya tunai untuk membangun jalan produksi sepanjang 1.040 meter dan lebar 3 meter, dengan tenaga kerja yang berasal dari masyarakat dan kelompok tani sebanyak 50 orang. Adapun nilai dari padat karya tunai ini adalah Rp 600 juta.

Sementara, untuk pembangunan irigasi dengan membangun saluran sepanjang 581 meter dengan tenaga kerja sebanyak 150 orang dan nilai nilai dari padat karya tunai sebesar Rp 675 juta.

Setelah meninjau padat karya tunai tersebut, Presiden menjelaskan bahwa di Provinsi Sulawesi Selatan terdapat 380 lokasi padat karya tunai.

“Ada berupa irigasi. Ada berupa jalan persawahan untuk mempermudah produksi. Kita harapkan saluran irigasi sekundernya sudah bagus. Nanti tersiernya baik, sehingga terjadi peningkatan produksi,” ujar Presiden seperti dikutip dari Biro Pers Kepresidenan, Kamis (15/2).

Terkait upah yang diterima berbeda-beda antar daerah. Di Kabupaten Gowa misalnya, upah untuk tukang Rp 125.000 per hari dan pembantunya Rp 85.000.

“Di Kabupaten Gowa standarnya seperti itu. Yang jelas mengikuti standar yang ada sehingga jangan sampai merusak pasar. Memang dibandingkan di Jawa Tengah itu hanya Rp 100.000 per hari. Di lain tempat, di Sumbar Rp 110.000 per hari. Jadi jangan dibanding-bandingkan,” ujar Presiden.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dupla Kartini

Terbaru