Kabupaten Lembata di NTT geber promosi pariwisata

Selasa, 08 Mei 2018 | 18:41 WIB   Reporter: Nur Pehatul Janna
Kabupaten Lembata di NTT geber promosi pariwisata

ILUSTRASI. Wisata NTT


INDUSTRI PARIWISATA - JAKARTA. Potensi pariwisata kini menjadi sorotan sejumlah pemerintah daerah (pemda). Seperti Pemerintah Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Untuk lebih mengoptimalkan pendapatan wisata di daerah tersebut, Bupati Lembata, Eliaser Yentji Sunur sudah mengalokasikan dana sebesar Rp 15 miliar untuk pembangunan dan promosi pariwisata di daerah tersebut. Ia pun masih akan menambah dana tersebut dari dana alokasi khusus (DAK) sebesar Rp 1,5 miliar.

Dana tersebut, katanya, akan dipakai untuk pengembangan pariwisata dan promosi wisata. Seperti menggelar acara dan festival yang akan mempromosikan pada Calender of Event (CoE) Lembata. "Dana ini untuk mengembangkan pariwisata Lembata menjadi destinasi eksotik yang mengandalkan budaya, alam, dan wisata buatan" ujarnya dalam siaran pers, Selasa (8/5).

Dengan promosi tersebut, ia harap jumlah kedatangan turis asing dan lokal bisa bertambah banyak dibanding tahun lalu. Tanpa merinci target pada tahun ini, ia menyebut jumlah kunjungan turis mancanegara ke Lembata tahun lalu mencapai 8.700 turis, sedangkan pelancong lokal ada 1.300 turis.

Selain itu, tambah Sunur pada 22-29 September 2018 Lembata akan mengadakan promosi dengan menggelar event Festival 3 gunung Lembata yang diharapkan dapat menambah daftar Calender of Event (CoE) Lembata tahun 2018.

"Gunung-gunung itu di antaranya Gunung Ile Batubara, Gunung Ile Lewotok, dan Gunung Ile Werung dan pada tahun 2018 ini Lembata telah memiliki 19 CoE, acara Expo, dan Festival Inovasi Pemuda," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Markus Sumartomjon

Terbaru