kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,25   -8,11   -0.87%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kadin soroti 5 area fokus digitalisasi industri logistik


Rabu, 27 Oktober 2021 / 15:03 WIB
Kadin soroti 5 area fokus digitalisasi industri logistik
ILUSTRASI. Ketua Umum Kadin Arsjad Rasjid


Reporter: Ratih Waseso | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Arsjad Rasjid berharap Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) dapat mendorong industri logistik nasional.

Melalui ALFI diyakini dapat bersaing dalam lingkup domestik maupun secara global untuk menunjang ekspor dan impor Indonesia dengan kekuatan operasional yang efisien, SDM yang kompeten, kuat dan kinerja yang mumpuni.

"Dalam blueprint National Logistic Ecosystem (NLE) Indonesia, kami melihat ada lima area fokus untuk digitalisasi industri logistik yang harus menjadi perhatian," kata Arsjad Rasjid dalam keterangan resmi, Rabu (27/10).

Baca Juga: Pelaku usaha sebut AJCEP tingkatkan penetrasi perdagangan jasa

Adapun lima area fokus tersebut ialah, Pertama, kemitraan antara pemain publik dan swasta dalam menciptakan platform logistik multimoda digital untuk ciptakan transparansi dalam sistem.

Kedua, integrasi data dari seluruh pemangku kepentingan terkait di sektor swasta serta publik untuk ciptakan pandangan holistik dari semua hal yang terkait dengan logistik.

Ketiga, mendorong pengembangan teknologi logistik digital. Arsjad menambahkan misalnya melalui program pendampingan startup dan peningkatan akses pendanaan.

Keempat, merekomendasikan perubahan peraturan yang diperlukan untuk memungkinkan berbagi informasi yang diperlukan antara sektor publik dan swasta.

Kelima, pengembangan jaringan informasi dan telekomunikasi untuk transportasi laut untuk memungkinkan digitalisasi.

"Kami harapkan Kadin dan ALFI bersama mengawal 5 fokus program NLE Indonesia ini, demi mencapai tujuan Indonesia Emas melalui industry 4.0," tuturnya.

Baca Juga: Sebanyak 16 PSN Segera Rampung Akhir Tahun 2021

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×