kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kebiasaan menyikat salah menyebabkan keluhan gigi sensitif


Selasa, 09 April 2019 / 23:28 WIB
Kebiasaan menyikat salah menyebabkan keluhan gigi sensitif


Sumber: TribunNews.com | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Gigi ngilu saat mengonsumsi makanan dingin atau asam pertanda adanya keluhan gigi sensitif. Drg Ratu Mirah Afifah menyebutkan secara garis besar ada dua yang menyebabkan terjadinya gigi sensitif adalah abrasi gigi dan erosi gigi.

Abrasi gigi ini terjadi karena kebiasaan cara menyikat gigi yang salah sehingga dentin gigi terbuka yang menyebabkan gigi ngilu, sedangkan erosi gigi karena makanan yang mengandung asam tinggi.

Contoh cara menyikat gigi yang salah adalah menyikat gigi bolak-balik gigi atas ke gigi bawah.

Lalu cara yang benar adalah, saat menyikat bagian atas cukup pada bagian atasnya saja, jangan di bolak-balik atas bawah terus-menerus.

 “Orang kadang atas-bawah padahal itu salah satu kali jalan aja. Karena ketika kita bolak-balik gini nanti kan gusinya potensi resesi,” kata drg Ratu Mirah di Sensitive Expert Talks by Pepsodent, di Jakarta Pusat, Selasa (9/4).

Dengan menggosok gigi yang benar selain mengantisipasi gigi sensitif juga dapat mengurangi penyakit pada gusi dan gigi berlubang.

Maka dari itu drg Mirah juga menyarankan agar memilih sikat gigi dengan bulu halus dan bagian kepala sikat gigi yang kecil agar bisa menjangkau hingga bagian ujung gigi.

“Lalu gunakan sikat gigi dengan bulu halus dan kepala sikat yang kecil ya, jadi sikat giginya bersihkan ke tempat yang susah dijangkau, di ujung-ujung gigi,” papar drg Ratu Mirah.

Kemudian mengenai penyebab gigi sensitive karena erosi gigi saran dari drg. Mirah adalah mengurangi konsumis makanan atau minuman yang asam dan terlalu manis seperti misalnya soda, jus, maupun infused water yang saat ini sedang hits.

Kemudian saat meminum jenis minuman yang mengandung asam tinggi itu gunakan sedotan sehingga tidak langsung mengenai gigi, dan setelah minum yang manis dan asam netralkan dengan air putih.

“Kurangi yang asam dan terlalu manis, soda juga karena tinggi acid dan gulanya, infused water, jus. Tetap yang bagus air putih ketika mau minum yang kadar asamnya tinggi jangan langsung tapi pakai sedotan,” pungkas drg. Ratu Mirah. (Willem Jonata)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Gigi Sensitif? Bisa Jadi Cara Sikat Gigi Anda Salah,

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×