Kemhub resmikan operasional Bandara Werur di Papua Barat

Rabu, 14 Februari 2018 | 23:48 WIB   Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk

INFRASTRUKTUR DAERAH - JAKARTA. Kementerian Perhubungan meresmikan pengoperasian Bandara Werur di Kabupaten Tambrauw Propinsi Papua Barat pada Rabu (14/2). Pengoperasian bandara Werur ini diresmikan oleh Direktur Angkutan Udara Ditjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Maria Kristi Endah Murni.

Bandara ini sejatinya merupakan pangkalan udara tua yang didirikan pada saat Perang Dunia II dan dipergunakan oleh pasukan Jepang dan sekutu secara bergantian. Namun hingga tahun 2012, pangkalan udara ini tidak dipergunakan lagi.

Atas inisiatif pemerintah daerah setempat, pangkalan udara yang terbengkalai tersebut mulai dibangun kembali menjadi sebuah bandar udara dengan menggunakan dana Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) sejak 2012.

Beroperasinya Bandara Werur melengkapi upaya Ditjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan untuk mewujudkan program Nawacita Pemerintahan Presiden Joko Widodo, yaitu membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan, serta mewujudkan kemandirian ekonomi dengan menggerakkan sektor-sektor strategis ekonomi domestik.

“Kabupaten Tambrauw terletak di daerah pesisir dan mempunyai posisi strategis bagi daerah-daerah di sekitarnya dan Propinsi Papua Barat secara umum. Sekarang kita membangunnya kembali menjadi sebuah bandara yang cantik dan megah sehingga memiliki peran penting karena letak strategisnya sebagai gerbang kebangkitan ekonomi di wilayah tersebut dan sebagai penunjang pemerataan di Papua Barat,” ujar Maria dalam keterangan resmi, Rabu (14/2).

Menurut Maria, imbas positif telah dirasakan masyarakat Kabupaten Tambrauw dengan kehadiran bandara ini, yaitu terpangkasnya harga-harga kebutuhan pokok. Sebab, distribusi pengangkutannya yang lebih lancar dengan menggunakan pesawat.

Selain itu, transportasi pergerakan masyarakat juga lebih lancar, sehingga perekonomian Kabupaten Tambrauw dan daerah sekitarnya semakin tumbuh dan berkembang. “Dengan demikian target pemerintah untuk meningkatkan perekonomian, budaya dan pariwisata di daerah ini khususnya dan Papua Barat pada umumnya dapat terwujud dengan beroperasinya andara Werur ini,” ujar Maria.

Kabupaten Tambrauw saat ini memiliki beberapa potensi yang bisa dikembangkan. Salah satunya potensi wisata baik wisata alam maupun budaya. Di daerah ini yang merupakan salah satu ajang pertempuran dan pangkalan pasukan pada Perang Dunia II, banyak ditemukan sisa-sisa peninggalan pasukan Jepang maupun sekutu. Peralatan perang maupun peralatan hidup pasukan Jepang dan sekutu masih banyak ditemukan dan berpotensi dikembangkan menjadi wisata sejarah.

Saat ini Bandara Werur melayani penerbangan yang dioperasikan oleh maskapai Susi Air dengan rute Sorong-Werur PP setiap Senin dan Jumat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dupla Kartini

Terbaru